Categories

Home Appliance

Susul Tesla, Mercedes-Benz Luncurkan ‘Power Bank’ Raksasanya

Glenn Kaonang - 11 June 2015

Kiprah Tesla Motors di industri otomotif memang cukup fenomenal. Seperti yang kita ketahui, saat ini hampir seluruh pabrikan otomotif memiliki mobil listriknya sendiri. Dan semua ini dipelopori oleh Tesla, saat mereka memperkenalkan prototipe Tesla Roadster, sebuah sedan dua pintu yang mengandalkan energi listrik secara penuh, pertama kali di pertengahan tahun 2006.

Beberapa saat yang lalu, Tesla kembali mengundang perhatian, tetapi kali ini bukan secara spesifik di bidang otomotif. Mereka memperkenalkan Tesla Energy, sebuah solusi energi alternatif untuk kebutuhan rumahan maupun industri. Gampangnya, Tesla Energy ini dirancang untuk menjadi power bank raksasa yang menenagai rumah-rumah hingga pabrik.

Hanya berselang sekitar satu bulan, sebuah pabrikan otomotif lain menyusul langkah Tesla. Perusahaan tersebut adalah Mercedes-Benz, dimana mereka memperkenalkan lini produk yang memiliki konsep serupa dengan Tesla Energy.

Info menarik: Ecocapsule, Rumah Portabel dengan Sistem Pembangkit Listrik dan Air Bersih Mandiri

Mercedes-Benz tampaknya belum mengungkapkan nama resmi dari produk barunya tersebut – tebakan saya, Mercedes Benz Energy Storage, berdasarkan terjemahan mentah di situs resminya – namun yang pasti rival Tesla Energy ini mencakup unit baterai yang masing-masing sanggup menyimpan daya listrik hingga 2,5 kWh. Sebanyak delapan unit baterai tersebut bisa dikumpulkan menjadi satu, dengan total kapasitas energi listrik mencapai 20 kWh.

Detail lebih merinci juga belum tersedia, akan tetapi dijelaskan bahwa pemilik rumah yang menggunakan panel surya bisa menyimpan surplus daya listrik pada unit baterai berwujud keren tersebut. Sebagai tambahan informasi, unit baterai ini merupakan hasil pengembangan perusahaan baterai bernama Accumotive, yang diakuisisi oleh Daimler selaku induk perusahaan Mercedes-Benz pada tahun 2014 kemarin.

Mercedes-Benz saat ini tengah memamerkan power bank raksasanya pada ajang Intersolar Expo, yang berlangsung di kota Munich, Jerman, mulai tanggal 10 – 12 Juni 2015. Belum ada informasi soal banderol harga yang ditawarkan, namun mereka sudah menerima pesanan dan siap memenuhinya di bulan September mendatang.

Sumber: Daimler dan Mashable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter