Categories

Otomotif

Mercedes-Benz Manfaatkan Augmented Reality untuk Permudah Proses Evakuasi Korban Kecelakaan

Arahkan smartphone atau tablet ke mobil korban, maka komponen internalnya akan langsung ditampilkan di atasnya

Glenn Kaonang - 1 August 2016

Bicara soal augmented reality (AR), kemungkinan besar Anda akan teringat dengan Pokemon Go. Tentunya teknologi tersebut tidak semata dirancang untuk bermain tangkap-menangkap monster imut-imut. Mercedes-Benz baru-baru ini menunjukkan manfaat lain AR lewat aplikasi smartphone bernama Rescue Assist.

Aplikasi ini pada dasarnya menyimpan digital rescue card untuk masing-masing tipe mobil yang pernah Mercedes-Benz produksi sejak tahun 1990, plus sejumlah model truk Fuso. Setiap kartu akan menampilkan model tiga dimensi dari tipe mobil yang terkait, memudahkan pengguna untuk mengamati bagian-bagian spesifik pada mobil.

Mercedes-Benz merancang aplikasi ini untuk memudahkan pekerjaan mulia para petugas layanan darurat, terutama untuk mengevakuasi korban kecelakaan lalu lintas. Mengandalkan teknologi AR, petugas tinggal mengarahkan smartphone atau tablet ke mobil korban, lalu komponen internalnya akan ditampilkan langsung di atasnya.

Dengan cara seperti ini, petugas bisa langsung mendapat gambaran separah apa kerusakan yang terjadi pada mobil. Proses evakuasi juga bisa berlangsung lebih mudah karena petugas tahu mana saja komponen internal yang harus disingkirkan dengan melihat panduan visual pada aplikasi.

Aplikasi ini dapat berjalan secara offline, penting mengingat waktu sangatlah berharga dalam kondisi darurat. Untuk itu, Mercedes-Benz tidak lupa menyematkan QR code pada pilar B dan penutup tangki bensin mobil-mobil terbarunya. Petugas tinggal memindai kode tersebut, dan rescue card mobil terkait akan otomatis ditampilkan pada aplikasi.

Mercedes-Benz Rescue Assist saat ini sudah bisa diunduh secara cuma-cuma di iOS maupun Android, sehingga lain kali ketika Anda ditanya apa manfaat teknologi augmented reality, Anda bisa memberikan jawaban lain selain untuk bermain Pokemon Go.

Sumber: Daimler via New Atlas.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter