Categories

Interview

Sediakan Mesin Pencari Dokumen, OwPlus Berharap Bisa Diterima Masyarakat

Diklaim lebih efektif untuk pencarian dokumen, tersedia versi aplikasi dan web

Prayogo Ryza - 19 September 2018

Istilah mesin pencari pasti erat dengan yang namanya Google. Dengan cara kerja yang hampir serupa, Owplus berusaha menjadi perusahaan asal Indonesia yang sukses sebagai mesin pencari. Bedanya Owplus secara khusus memposisikan diri sebagai mesin pencari dokumen, sehingga pengguna tidak perlu menambahkan kueri atau filter khusus di kolom pencarian.

Berkantor di Medan dan diprakarsai oleh Gusfahmi Alghazali dan Ripqoh Aufa, Owplus mencoba memposisikan diri sebagai mesin pencari bagi mereka yang khusus membutuhkan pencarian dengan format dokumen.

"Yang membedakan ialah, di Owplus seluruh hasil pencarian akan 100% berbentuk dokumen. Tidak seperti mesin pencari lainnya di mana pengguna harus memasukan tambahan pada keyword dan tak jarang jika pengguna tidak menambahkan keyword (filetype:pdf) maka hasil dari pencarian malah berbentuk web dan bukan dokumen yang ingin dicari," terang Gusfahmi.

Owplus saat ini hadir untuk platform web dan Android. Layaknya mesin pencarian yang ada, Owplus mengklaim dan mengedepankan kemudahan pencarian, khusus untuk dokumen seperti PDF, PPT, DOC, XLS, Ebook, jurnal dan dokumen lainnya.

Tidak ketinggalan Owplus juga memiliki fitur suggestion untuk saran keyword, fitur berbagai dokumen, scanning dokumen, hingga in app document preview yang diklaim mampu memberikan kemudahan ke pengguna untuk pratinjau dokumen terlebih dahulu sebelum mengunduhnya.

Sebagai layanan mesin pencari, Owplus memiliki model bisnis smart ads untuk aplikasi dan web-nya. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat iklan hanya yang relevan dengan keyword yang mereka masukkan.

"Untuk ke depan, Owplus akan menerapkan konsep smart ads pada aplikasi dan web. Fitur ini memungkinkan pengguna hanya akan melihat iklan yang hanya relevan dengan keyword yang ia masukkan. Owplus juga akan mengembangkan fitur paid subscription dimana fitur ini akan digunakan untuk memberikan pilihan ke pengguna agar tidak dapat melihat ads, more relevance document dan banyak lagi," imbuh Gusfahmi.

Gufahmi menambahkan, sejak 9 bulan beroperasi Owplus sudah berhasil mendapatkan unduhan sebanyak 6800 kali dengan pencarian lebih 1200 per hari.

"Banyak dari pengguna yang memberikan kesan luar biasa ke Owplus di antaranya mereka amat sangat terbantu oleh Owplus yang dapat digunakan sebagai sarana untuk memudahkan mereka dalam mencari dokumen, terutama mahasiswa, pelajar dan para experts," imbuh Gusfahmi.

Dengan capaian tersebut, Owplus menargetkan aplikasinya untuk segera hadir di platform iOS, termasuk menambah beberapa fitur yang mampu memberikan pengalaman lebih bagi pengguna.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter