22 December 2017

by Bambang Winarso

Jelang Tutup Tahun 2017, Messenger Lite Cetak Rekor 100 Juta Unduhan

Naik sebanyak 50 juta unduhan sejak laporan terakhir, Agustus 2017

Agustus lalu, Facebook Messenger Lite sukses mencapai angka unduhan sebanyak 50 juta yang disebut sebagai pencapaian mengesankan mengingat aplikasi versi ringan dari Messenger itu baru lahir 10 bulan sebelumnya dan negara yang bisa memakainya masih dibatasi. Sebagai catatan, Facebook baru memperluas cakupan Messenger Lite ke 150 negara pada bulan April 2017.

Ekspansi ini sudah barang tentu membantu memperluas adopsi Messenger Lite yang berdasarkan pantuan di Google Play telah menyentuh angka 100 juta unduhan.

Sebagai aplikasi yang dirancang untuk menjadi alternatif versi standarnya, Messenger Lite bermain di tier yang berbeda. Tentu tak bijaksana bila membandingkan capaian Messenger yang sudah tembus 1,2 miliar pengguna per bulan April 2017. Pun demikian, memperoleh tambahan pengguna dua kali lipat hanya dalam waktu empat bulan terhitung sejak Agustus 2017, apa yang dicapai oleh Messenger Lite ini patut disebut sebagai sebuah prestasi.

Facebook Messenger Lite sendiri terus mendapatkan pembaruan meski tampaknya banyak terjadi di sisi server. Dari pantauan Dailysocial, aplikasi yang berukuran kurang dari 10MB ini diperbarui terakhir pada tanggal 20 Desember 2017 lalu. Tapi sayang, pengembang tak menyertainya dengan catatan apa saja hal baru yang digulirkan kala itu.

Messenger Lite menawarkan pilihan bagi pengguna perangkat Android yang memiliki keterbatasan memori, RAM dan juga jaringan internet. Ia dirancang dengan ukuran yang minimalis dan mengonsumsi bandwidth yang relatif lebih rendah ketimbang versi standarnya. Selama smartphone Anda masih menggunakan Android 2.3 dan mempunyai ruang simpan minimal 50MB, Messenger Lite bisa berjalan dengan mulus tanpa hambatan.

Sumber berita GSMArena.

Application Information Will Show Up Here