13 August 2012

by Amir Karimuddin

Metric-Design Buat Permainan Flash Tentang Jokowi-Ahok

Pengembang layanan multimedia interaktif Metric-Design membuat permainan yang "mengejutkan". Bertema Jokowi-Ahok "menyelamatkan Jakarta", setiap levelnya berkaitan dengan cara-cara yang perlu dilakukan untuk membasmi berbagai masalah di Jakarta, dari preman, koruptor, sampai sampah. Permainan ini bisa dimainkan di web browser yang mendukung Shockwave Flash.

Kami tidak tahu apakah ini merupakan bagian dari pesanan kampanye Pemilihan Gubernur DKI 2012, yang jelas kami cukup menikmati memainkannya. Ada sekitar 30 level yang bisa dimainkan di permainan ini. Yang perlu kita lakukan adalah melempar "bom tomat" ke obyek sasaran dan jangan sampai melukai warga yang baik. Semakin bertambah level, tingkat kesulitannya semakin tinggi. Hanya lima bom tomat yang  tersedia setiap levelnya. Ya kira-kira gameplay-nya seperti Angry Birds yang populer itu.

Bagaimana pendapat Anda setelah memainkan permainan ini? Apakah cukup menarik? Lalu apakah cukup etis jika ternyata merupakan bagian dari kampanye Pemilihan Kepala Daerah?