Categories

Berita

Aplikasi mFish Mulai Diberdayakan Nelayan-Nelayan Madura

Sekitar 110 nelayan di Kabupaten Pamekasan, Madura mendapat paket aplikasi mFish yang diharapkan dapat bantu tingkatkan produktivitas

Adjie Priambada - 30 December 2015

PT XL Axiata (Persero) Tbk, selanjutnya disebut XL, kembali memperluas implementasi aplikasi mFish yang dikembangkan bersama dengan Tone. Kali ini sebanyak 110 nelayan dari enam desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang mendapatkan bantuan sarana digital aplikasi mFish. Direncanakan, kerja sama serupa juga akan segera terjalin dengan dua kabupaten lain di Madura, yakni Bangkalan dan Sumenep.

Rabu (23/12) pekan lalu, Wakil Bupati Pamekasan Kholil Asyari secara simbolis meluncurkan program kerja sama dengan XL yang bertema “Sinergi mFish dan Perikanan Berkelanjutan”. Diserahkan pula seperangkat alat pendukung aplikasi mFish kepada 110 nelayan yang berasal dari enam desa di Pamekasan.

Paket bantuan tersebut berupa ponsel pintar yang terpasang aplikasi mFish, paket data gratis selama 6 bulan (1GB per bulan), dan alat pengisi batere tenaga surya. Rencananya, setelah Pamekasan, XL akan melangsungkan kerja sama serupa di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sumenep.

Dalam keterangan yang kami terima, Vice President East Region XL Desy Sari Dewi mengatakan, “Alhamdulillah akhirnya implementasi program mFish di Kabupaten Pamekasan ini dapat kami wujudkan segera. […] Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish masyarakat nelayaan Pamekasan akan mampu meningkatkaan hasil tangkapan mereka yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup.”

Melalui kerja sama ini, Dinas kelautan dan Perikanan setempat juga akan bisa mendapatkan data riil dari nelayan yang mencakup harga ikan serta jumlah tangkapan dalam jangka waktu tertentu. Bila Bangkalan dan Sumenep ikut serta, setidaknya tidak kurang dari 350 paket mFish akan dimanfaatkan di Madura pada tahap awal ini. XL juga akan menyediakan pendampingan selama enam bulan untuk mengedukasi penggunaan aplikasi mFish.

Aplikasi mFish yang berjalan di platform Android adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan tanah air untuk membantu meningkatkan produktivitas menangkap ikan. Melalui aplikasi mFish, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi seperti cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, nelayan juga bisa saling berkomunikasi dengan memanfaatkan fitur chatting.

Selain di Madura, XL telah mengimplementasikan aplikasi mFish di kawasan Lombok dan Bali. XL sendiri memiliki target untuk dapat merangkul 23.000 ribu nelayan di akhir tahun 2015 ini. Program kerja sama dengan pemerintah kabupaten ini pun merupakan bentuk tindak lanjut XL setelah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 30 Agustus 2015 silam.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id