27 March 2017

by Yoga Wisesa

Michael Kors Perkenalkan Dua Smartwatch Ber-Platform Android Wear 2.0 Baru

Mereka sama-sama dibekali panel sentuh AMOLED bundar dan diotaki chip Qualcomm Snapdragon Wear 2100.

Sebagai respons terhadap naiknya kepopularitasan smartwatch, Michael Kors merupakan satu dari sejumlah perusahaan fashion mewah yang turut meramu perangkat wearable mereka sendiri. Kiprah perusahaan pimpinan sang desainer Amerika di ranah itu dimulai tepat di bulan Maret tahun lalu dengan pengenalan device Android Wear perdana mereka, Michael Kors Access.

Dan dalam konferensi 2017 Baselworld yang dilangsungkan di Swiss sampai tanggal 30 Maret nanti, Michael Kors mengumumkan sepasang smartwatch ber-platform Android Wear 2.0 baru, yaitu Access Sofie dan Access Grayson. Seperti yang diwakilkan oleh nama dan desainnya, masing-masing device ditargetkan pada dua jenis konsumen berbeda: Grayson untuk pria, dan Sofie buat wanita.

Access Sofie memiliki penampilan lebih ramping, ringan dan feminin, dengan bezel yang dihias butiran-butiran kristal (asumsi saya kristal Swarovski); sedangkan Grayson terlihat seperti arloji pria klasik, dipadu tema sport. Tubuh keduanya tersusun dari bahan stainless steel, dan Anda dipersilakan menggonta-ganti strap. Michael Kors sudah menyiapkan beberapa opsi strap - tujuh pilihan buat Sofie, dan empat untuk Grayson (ada kulit, silikon, dan rantai baja).

Sang produsen belum mengungkapkan secara detail ukuran layar dan dimensi smartwatch, namun mereka sama-sama dibekali panel sentuh AMOLED bundar dan diotaki chip Qualcomm Snapdragon Wear 2100. Navigasi di menu dapat dilakukan dengan memutar bagian crown, lalu baterai non-removable Access Grayson dan Sofie bisa diisi ulang melalui teknik magnetic charge.

Android Wear 2.0 merupakan faktor andalan di sana. Dengan beralih ke versi terbaru itu, Google memberikan banyak sekali upgrade - dari mulai kemudahan kustomisasi watch face, kehadiran app store mandiri serta Google Assistant, serta penyempurnaan pada kemampuan tracking. Selain itu, Michael Kors juga telah merancang watch face eksklusif yang bisa diubah-ubah dengan satu swipe.

Michael Kors turut melengkapi Access Sofie dan Grayson bersama app My Social. Dengannya, Anda bisa menyambungkan smartphone ke akun Instagram dan memilih foto di sana untuk dijadikan watch face. Aplikasi tersebut memungkinkan kita mengakses feed, menentukan gambar favorit, serta membubuhkan filter. Hingga akhir 2017 nanti, produsen berencana merilis 15 watch face digital yang dapat dikonfigurasi.

Michael Kors belum menjelaskan kapan Access Grayson dan Sofie siap dipasarkan dan berapa harganya. Di press release, mereka hanya bilang bahwa 'lineup Access telah tersedia, dibanderol seharga mulai dari US$ 350'.

Sumber: Business Wire.