Categories

Gadget

Micro Lego Computer, Desktop Mini PC Untuk Penggemar Lego

Oki Rosgani - 28 July 2015

Sebuah komputer desktop dengan casing modular memang seakan terdengar baru. Tapi sejatinya, dalam sebuah komputer desktop, komponen yang ada di dalamnya merupakan rangkaian dari modul-modul peripheral yang disusun agar dapat menjadi sebuah mesin komputasi yang saling terintegrasi satu sama lain.

Namun project yang dikembangkan oleh Mike Schropp ini terlihat sangat unik, Mike telah berhasil membuat sebuah komputer yang menggunakan susunan dari balok-balok Lego sebagai casing-nya. Mini PC tersebut ia namakan sebagai Micro Lego Computer.

Ini bukan kali pertama Mike membuat komputer dari Lego, ia juga pernah merilis perangkat desktop komputer serupa namun dengan ukuran yang lebih besar serta memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Perangkat Lego Computer yang dirilis pada awal tahun 2015 lalu itu dijual dengan harga lebih mahal yakni mulai dari $999 untuk tiap unitnya.

Micro Lego Computer besutan Mike versi teranyar memiliki dimensi 5 inci x 5 inci x 4 inci dan ditawarkan dengan harga lebih murah yakni hanya $599.

Info Menarik: Sambut Kebangkitan PC Desktop, MSI Siapkan Nightblade MI dan Aksesori Gaming

Spesifikasi yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi pengguna sehari-hari, prosesor Intel Core i3 Broadwell, dukungan RAM 4GB, serta media penyimpanan SSD (solid state storage) berkapasitas 128GB. Selain itu terdapat juga fitur WiFi 802.11ac dan koneksi Bluetooth 4.0. Komponen lain seperti Memory Card Reader, harddisk eksternal tersedia dalam add-on module yang bisa ditambahkan jika pengguna menginginkannya.

Jika Anda merasa spesifikasi di atas kurang bertenaga, ada opsi yang memungkinkan kita untuk memilih spesifikasi sendiri dan mengganti beberapa komponen utamanya dengan kemampuan yang lebih tinggi, misalnya prosesor Core i5 atau Core i7, penambahan jumlah RAM dan meningkatkan kapasitas SSD sebagai media penyimpanannya.

Jika itu masih belum cukup, Anda juga bisa membeli beberapa buah perangkat Micro Lego Computer dan menyusunnya menjadi sebuah komputer yang dapat dikustomisasi untuk berbagai kebutuhan.

Info Menarik: Logitech Rilis Keyboard Mekanik Baru, G310 Atlas Dawn

Komputer Mini besutan Mike Schropp ini menggunakan mesin Intel NUC yang memang telah didesain untuk bisa dikustomisasi oleh penggunanya.

Perangkat ini juga memiliki komponen komputasi yang didesain tanpa membutuhkan kipas (fanless), namun Mike Schropp telah memberikan celah-celah di antara balok Lego yang membalut perangkat komputer tersebut untuk memudahkan udara keluar - masuk saat perangkat komputer digunakan.

Perangkat Micro Lego Computer besutan Mike Schropp ini bisa menjalankan berbagai jenis sistem operasi mulai dari Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 dan juga Ubuntu Linux.

Bagaimana, Anda tertarik untuk memilikinya?

Sumber: Liliputing | Gambar Header: totalgeekdom.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter