Categories

Gadget

Microsoft akan Hentikan Dukungan Aplikasi Office pada ChromeOS

Pengguna Chromebook diharapkan untuk memilih alternatif selain Microsoft Office

Dimas Galih W. - 27 August 2021

Pada Chromebook yang ada saat ini sudah terdapat Google Play Store yang bisa membuat para pengguna laptop tersebut untuk memakai aplikasi Android. Salah satu yang banyak digunakan adalah aplikasi Microsoft Office yang tersedia secara gratis. Penggunaan aplikasi Office ini memang bisa membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan mereka karena sudah familiar dengan antarmukanya. Sayangnya, Microsoft berencana untuk menghapus aplikasi Office untuk ChromeOS.

Pada bulan Juni yang lalu, Microsoft memang sudah berencana untuk memindahkan para pengguna Office di Chromebook ke aplikasi web mereka. Saat ini, mereka mengumumkan bahwa pada tanggal 18 September 2021, aplikasi mereka tidak akan bekerja lagi pada Chromebook. Hal ini juga dapat dilihat oleh mereka yang saat ini masih menggunakan aplikasi Office pada Chromebook. Oleh karena itu, para pengguna diharapkan akan menggunakan aplikasi web Microsoft pada Office.com.

https://twitter.com/littvay/status/1430110307079368721

Bagi beberapa pengguna, tentu saja langkah Microsoft dalam memindahkan pengguna dari aplikasi offline ke online akan terasa seperti downgrade. Hal tersebut dikarenakan adanya keterbatasan beberapa fitur yang tidak ditemukan pada aplikasi online dari Office. Untuk lebih memudahkannya, pengguna juga dapat melakukan instalasi PWA (Progressive Web App) yang membuat seakan-akan Office.com terinstal pada komputer.

Lalu bagaimana dengan para pengguna Android? Apakah dukungan Microsoft pada sistem operasi dari Google yang satu ini juga akan terhenti? Microsoft masih akan mengembangkan aplikasi Office untuk sistem operasi Android, namun hanya akan menghentikan aksesnya untuk dipakai pada Chromebook saja.

Pengguna juga masih bisa memakai alternatif aplikasi Office lainnya untuk laptop Chromebook. Sebagai informasi, Google selalu memasang Chrome extension pada setiap Chromebook untuk layanan Google Docs-nya. Google Docs pada Chromebook juga mampu digunakan untuk melakukan editing dokumen secara offline.

Selain itu, masih ada beberapa aplikasi lain seperti WPS dan Libre. Pengguna juga bisa melakukan instalasi aplikasi Office gratis lainnya dengan menggunakan Play Store atau pun dengan versi Linux-nya. Hanya saja, bagi mereka yang sudah cukup nyaman dengan Microsoft Office mau tidak mau harus berpindah ke layanan Web atau belajar menggunakan aplikasi Office lainnya tadi.

Saya juga sering menggunakan layanan Office.com dari Microsoft. Layanan gratis ini memang sudah cukup untuk kebutuhan pembuatan dokumen seperti untuk artikel dan spreadsheet ringan. Dokumen yang sudah dibuat tadi nantinya akan tersimpan langsung pada cloud milik Microsoft, yaitu OneDrive, yang memiliki kapasitas gratis 15 GB. Namun, yang paling dibutuhkan adalah koneksi internet yang cukup stabil agar semua pekerjaan kita dapat tersimpan secara real time.

Sumber: Aboutchromebooks

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter