1. Lifestyle

Microsoft Akan Luncurkan Visual Studio untuk Mac

Merupakan peluang bagi developer aplikasi Mac untuk mengembangkan versi Windows-nya

Untuk mengembangkan aplikasi Mac, developer butuh Xcode yang hanya tersedia di Mac. Sebaliknya, untuk mengembangkan aplikasi Windows, developer perlu Visual Studio, yang cuma tersedia di Windows. Namun tidak lama lagi, situasinya bakal berubah sebab Microsoft dilaporkan bakal mengumumkan Visual Studio versi Mac.

Keputusan ini melanjutkan tren cross platform yang dimulai Microsoft sejak kursi kepemimpinannya dipegang oleh Satya Nadella. Sebelumnya, mereka juga sempat menghadirkan dukungan native untuk para developer Linux, hasil kerja samanya langsung dengan pengembang Ubuntu, Canonical.

Pengumuman ini jelas hanya terdengar menarik di telinga para developer. Akan tetapi sebagai pengguna kita juga bakal menerima implikasinya; developer yang sebelumnya hanya mengembangkan aplikasi Mac bisa lebih tergerak untuk menyuguhkan karyanya ke pengguna Windows.

Sebelum ini, opsi yang mereka miliki hanyalah membeli PC/laptop atau menjalankan Windows di virtual machine, barulah kemudian mereka bisa mengakses Visual Studio. Dengan hadirnya Visual Studio secara native di Mac, saya pribadi berharap pengembang app macam Alfred, Keyboard Maestro atau Ulysses bisa tertarik membuatkan versi Windows-nya.

Rencananya, versi preview dari Visual Studio untuk Mac bakal diungkap pada event khusus developer Microsoft Connect pekan depan.

Sumber: The Verge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again