Categories

Gadget

Microsoft Bakal Rilis Surface Hub 2 dalam Dua Model yang Berbeda di Tahun 2019 dan 2020

Surface Hub 2S di tahun 2019, Surface Hub 2X di tahun 2020

Glenn Kaonang - 25 September 2018

Surface Hub 2 yang Microsoft umumkan bulan Mei lalu merupakan upgrade signifikan dari generasi sebelumnya. Selain mengusung penyempurnaan hardware, Surface Hub 2 juga lebih serbabisa: perangkat dapat digunakan dalam orientasi portrait maupun landscape, dapat didempetkan dengan unit lain hingga membentuk satu layar raksasa, serta mendukung skenario multi-akun.

Tiga hal yang saya sebutkan itu sejatinya merupakan keunggulan utama Surface Hub 2 dibandingkan pendahulunya. Microsoft sebelumnya bilang kalau Surface Hub 2 akan dirilis tahun depan, sayangnya tiga fitur kunci itu baru bisa dinikmati konsumen di tahun 2020.

Pasalnya, Surface Hub 2 ternyata dibagi menjadi dua model yang berbeda: Surface Hub 2S dan Surface Hub 2X. Yang akan Microsoft rilis pada kuartal kedua tahun depan adalah Surface Hub 2S. Model ini memang membawa hardware baru, akan tetapi software yang dijalankan masih sama seperti Surface Hub generasi pertama, yang berarti tiga fitur tadi masih belum tersedia.

Lompat ke tahun 2020, barulah Microsoft akan meluncurkan Surface Hub 2X. Model inilah yang menawarkan segala kelebihan yang dijanjikan Surface Hub 2 saat diumumkan. Lalu yang mungkin menjadi pertanyaan, kenapa harus ada Surface Hub 2S? Kenapa tidak sekalian saja menunggu sampai 2020 dan membeli Surface Hub 2X?

Menurut Microsoft, Surface Hub 2S dirancang bagi konsumen yang menginginkan pengalaman penggunaan yang sama persis seperti Surface Hub generasi pertama (sebab software-nya sama persis), tapi dalam kemasan yang lebih ringan, lebih ramping dan secara keseluruhan lebih manis di mata.

Kabar baiknya, di tahun 2020 nanti Surface Hub 2S dapat di-upgrade menjadi Surface Hub 2X hanya dengan mengganti modul prosesornya di bagian belakang, tidak perlu membeli unit baru secara menyeluruh. Microsoft memang merancang prosesor Surface Hub 2 dengan prinsip modular agar mudah dilepas untuk direparasi atau diganti dengan yang baru, termasuk 'dinaikkan levelnya' menjadi Surface Hub 2X itu tadi.

Apakah ke depannya Surface Hub 2X bisa di-upgrade menjadi model lain yang lebih baru lagi dengan mengganti modul prosesornya? Mungkin saja, asalkan Microsoft tidak merilis Surface Hub 3 dengan desain yang berbeda. Sayangnya sejauh ini Microsoft masih enggan menyinggung soal harga jual Surface Hub 2S maupun 2X.

Sumber: Ars Technica dan Microsoft.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter