Categories

Gadget

Microsoft Band 2 Diungkap, Andalkan Desain Baru dan Layar Melengkung

Glenn Kaonang - 7 October 2015

Dalam event yang digelar di kota New York semalam (6/10/2015), Microsoft tampil cukup habis-habisan. Tidak tanggung-tanggung, tiga smartphone dan dua perangkat Surface baru mereka perkenalkan sekaligus. Namun di saat yang sama, mereka juga mengungkap kehadiran gelang pintar generasi keduanya, Microsoft Band 2.

Sangat berbeda dengan generasi pertamanya, layar AMOLED Microsoft Band 2 kini sedikit lebih lebar, dengan resolusi 320 x 128 pixel dan dilapisi kaca Gorilla Glass 3. Bentuknya pun melengkung mengikuti bentuk pergelangan tangan, membuatnya jauh lebih nyaman untuk dikenakan. Bagian layar ini juga tidak bersudut; tebalnya sama persis dengan strap yang menyambung.

Microsoft mengaku perubahan desain ini banyak dipengaruhi oleh masukan dari pengguna Microsoft Band generasi pertama. Secara keseluruhan, Microsoft Band 2 punya desain yang jauh lebih menarik. Sayang sekali, Microsoft Band 2 tidak dimaksudkan untuk diajak berenang atau kegiatan apapun yang akan membuatnya terendam air; ia cuma tahan terhadap cipratan, seperti ketika hujan atau saat mencuci tangan.

Info menarik: Tantang Apple, Microsoft Rilis Surface Pro 4 dan Surface Book

Secara total ada 11 sensor yang berbeda yang tertanam dalam tubuh Microsoft Band 2, mulai dari sensor laju jantung, sensor ultraviolet, GPS sampai dengan barometer. Kehadiran barometer ini memungkinkan Band 2 untuk mengukur tingkat ketinggian, atau bahkan menghitung berapa jumlah anak tangga yang sudah Anda langkahi.

Selebihnya, Microsoft Band 2 juga bisa memonitor beragam aktivitas, termasuk halnya pola tidur pengguna. Notifikasi pun akan ia teruskan, dan ia juga masih ditemani oleh asisten virtual Cortana, yang berarti Anda bisa memberikan balasan atau membuat reminder menggunakan perintah suara. Baterainya sendiri diklaim bisa bertahan hingga dua hari pemakaian, dan charging hanya memerlukan waktu 1,5 jam.

Namun yang tidak kalah menarik dari Microsoft Band 2 adalah dari sisi software, dimana aplikasi pendampingnya yang bernama Microsoft Health tersedia hampir untuk seluruh perangkat, baik di Android, iOS dan tentu saja Windows – Anda bahkan bisa mengakses evaluasi data yang dikumpulkan viabrowser. Perangkat ini juga kompatibel dengan aplikasi fitness lain seperti MyFitnessPal, Runkeeper, Strava, dan lain sebagainya.

Microsoft Band 2 akan dipasarkan mulai tanggal 30 Oktober mendatang seharga $249. Sayangnya belum ada info apakah ia akan tersedia untuk pasar tanah air – generasi pertamanya sendiri belum sempat menjejakkan kaki di sini.

Sumber: Ars Technica dan Microsoft.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter