Categories

Gadget

Microsoft Belum Lupa dengan Xbox 360, Rilis Update yang Cukup Signifikan

Glenn Kaonang - 18 September 2015

Sudah hampir dua tahun sejak consoleXbox One meluncur ke pasaran. Namun Microsoft bukannya lupa dengan pendahulunya begitu saja. Buktinya, dalam ajang E3 2015 kemarin, mereka mengumumkan fitur backward compatibility yang pada dasarnya memungkinkan Xbox One untuk menjalankan game-game Xbox 360.

Oke lah, fitur tersebut memang cuma bisa dinikmati oleh para pemilik Xbox One. Akan tetapi kali ini Microsoft benar-benar membawa kejutan bagi mereka yang masih belum move on dari Xbox 360, sebuah system update yang menghadirkan sejumlah fitur baru.

Pembaruan yang pertama adalah seputar cloud storage. Kini, pengguna Xbox 360 bisa menyimpan saved game hingga kapasitas 2 GB di cloud. Tentunya pengguna Xbox One juga bisa mengakses saved game yang disimpan di cloud tersebut saat mereka hendak memainkan game Xbox 360 yang kompatibel.

Yang kedua, Xbox 360 kini bisa mengakses jaringan internet di tempat umum, seperti hotel misalnya. Seperti yang kita tahu, jaringan internet hotel biasanya meminta pengguna untuk menyetujui "Terms of Use" dan sejenisnya sebelum mulai menggunakan. Sebelumnya tidak memungkinkan, namun semuanya beres lewat update terbaru ini.

Info menarik: Daftar Game Paling Dinanti Dalam Fitur Backward Compatibility Xbox One

Selanjutnya, Xbox 360 turut menerima fitur Activity Feed, dimana pengguna bisa mengirim komentar atau like, melihat-lihat screenshot yang diambil maupun menonton berbagai klip video. Pengguna Xbox 360 kini bisa mengetahui game apa yang sedang dimainkan oleh teman-temannya, termasuk halnya yang bermain di Xbox One atau PC Windows 10.

Terakhir, meski terdengar sangat sepele, Microsoft turut menyertakan video dan music player baru untuk Xbox 360, yakni Microsoft Movies & TV dan Groove Music. Kalau Anda memakai Windows 10, tentunya Anda tahu bahwa kedua player tersebut mengusung dukungan format yang lebih lengkap maupun interface yang lebih mudah dinavigasikan.

Sekali lagi, Xbox 360 boleh saja Anda cap ketinggalan zaman. Tapi Microsoft masih rela menyisihkan waktunya untuk memberikan pembaruan terhadap console yang sudah berusia 10 tahun tersebut. Dan lagi Microsoft tampaknya masih akan terus menjual Xbox 360 sekaligus memberikan update sampai paling tidak tahun depan.

Sumber: Major Nelson. Gambar header: Wikipedia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter