Categories

Mobile

Microsoft Bikin Aplikasi Untuk Pengguna Android

Oki Rosgani - 23 October 2014

Jika Anda berfikir bahwa Microsoft hanya membuat aplikasi untuk platform Windows dan Windows Phone, ternyata Anda keliru karena Microsoft kini telah merilis beberapa buah aplikasi untuk digunakan oleh para pengguna Android.

Microsoft Garage Project, adalah sebuah proyek yang dibesut Microsoft untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi Android, dan baru-baru ini proyek tersebut telah melahirkan beberapa buah aplikasi keren yang siap untuk digunakan oleh para pengguna Android.

Beberapa dari aplikasi ini ditujukan untuk perangkat wearable yang berjalan dengan platform Android Wear dan ada juga yang bisa diinstal pada perangkat smartphone atau tablet yang berjalan dengan sistem operasi Android.

Salah satu dari aplikasi tersebut bernama Torque, aplikasi ini akan menggantikan perintah "OK Google..." yang biasa digunakan oleh para pengguna jam tangan pintar Android Wear untuk memberikan perintah suara ke perangkat tersebut.

Dengan aplikasi Torque Microsoft telah mengubah perintah ini, pengguna Android Wear cukup menggoyangkan jam tangan Android Wear tersebut dan kemudian mengucapkan perintah selanjutnya. Pengguna juga diberikan pilihan untuk menggunakan mesin pencari Bing selain menggunakan mesin pencari Google. Aplikasi Torque dapat diunduh melalui halaman Google Play Store.

Aplikasi lain yang juga dibuat oleh Microsoft Garage Project untuk para pengguna Android adalah Next Lock Screen, aplikasi ini akan memberikan shortcut (jalan pintas) dari tampilan Lock Screen.

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa langsung melakukan panggilan telepon, mengakses jadwal yang ada di kalender atau mengakses aplikasi penting lain yang diinginkan pengguna. Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan untuk mengunduhnya melalui halaman Google Play Store.

 

Info menarik: Asik! Aplikasi Nokia HERE Maps Sudah Tersedia Untuk Semua Perangkat Android

 

Selain itu, terdapat satu aplikasi lain yang juga dibuat oleh team dari Microsoft Garage Project, aplikasi tersebut bernama Journeys & Notes. 

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat catatan dan cerita berdasarkan lokasi dimana mereka berada, kemudian berbagi dengan orang lain yang berada di lokasi yang sama atau orang yang selanjutnya datang ke lokasi tersebut.

Bagi saya, aplikasi ini mengingatkan pada  fitur Foursquare dimana kita bisa menandai sebuah tempat dan memberikan catatan untuk tempat tersebut dan berbagi informasi untuk pengguna lain saat berada pada lokasi yang sama tersebut. Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik pada tautan berikut ini.

Selain untuk platform Android, Micrsoft Garage Project telah membuat beberapa buah aplikasi yang ditujukan untuk platform iOS, XBox, Windows Phones dan lainya. Semua portofolio dari proyek Microsoft Garage bisa dilihat melalui website resminya di sini.

Microsoft mungkin akan merilis beberapa aplikasi lagi untuk platform lain yang dianggap berpotensi untuk menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan, seperti saat Microsoft merilis aplikasi Microsoft Office untuk platform Macintosh, dan ternyata aplikasi Microsoft Office untuk Macintosh dirilis setahun lebih awal dari rilis aplikasi Microsoft Office untuk platform Windows sendiri.

Berikut adalah video dari aplikasi Next Lock Screen:

Berikut adalah video dari demo aplikasi Journey & Notes:

Sumber: Blog Microsoft dan BGR | Gambar Header: Microsoft

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter