18 August 2015

by Bambang Winarso

Microsoft Diam-diam Godok Ponsel Pintar Surface?

Sudah sejak lama penggemar produk-produk Microsoft mempertanyakan kapan tablet Surface akan mempunyai adik dari kategori smartphone. Namun makin santer ditanyakan, makin gencar pula sanggahan dilontarkan oleh Microsoft.

Tapi menurut laporan terbaru, Microsoft kemungkinan berubah pikiran. Ada sentiman positif yang meyakini raksasa piranti lunak ini sedang menggodok perangkat smartphone Surface yang dijadwalkan rilis dalam waktu dekat ini. Bahkan WMPoweruser telah mempunyai gambaran spesifikasi yang mungkin diadopsi oleh Microsoft.

Masih dari sumber yang sama dikatakan smartphone Microsoft Surface saat ini dikembangkan di bawah codename Juggernaut Alpha dan bila rumor yang beredar ini benar maka smartphone ini bisa jadi akan membuat pengguna Android berpaling karena spesifikasi dan fiturnya yang luar biasa baik.

Kita telaah dulu sisi luarnya, WMPoweruser mengklaim smartphone Microsoft Surface akan dibalut penampang layar selebar 5,5 inci QHD dengan teknologi ClearBlack Gorilla Glass 4. Beralih ke bagian dalam ada prosesor Intel Atom X3 komputasi 64-bit yang akan menunjukkan keperkasaannya bersama RAM 4G.

Info Menarik: Microsoft Perkenalkan Surface 3, Tablet Intel Atom dengan Dukungan Penuh Windows 8.1

Lanjut ke kamera, Microsoft menyematkan kamera 21MP PureView Zeiss dan kamera Zeiss 8MP untuk urusan selfie dan sebagainya. Daya tampung data diserahkan pada memori 64GB dan 128GB beserta tambahan microSD jika memori internal sebesar itu ternyata dianggap masih kurang.

Belum berhenti, Microsoft juga kabarnya tampil habis-habisan dengan menyematkan tambahan premum untuk jagoan barunya itu, seperti S Pen, USB-C, pengisian baterai nirkabel dan material bodi dari aluminium dan magnesium.

Dari jabaran di atas, smartphone Microsoft Surface tampaknya adalah sebuah perangkat ponsel yang sempurna untuk segala kebutuhan. Ini adalah ponsel kelas atas yang istimewa meski platform yang digunakan mengambil porsi tak kalah penting bagi keputusan pembeli. Tapi karena ini masih sebatas rumor, mari kita tunggu perkembangan selanjutnya.

Sumber berita gambar header Gil C/ hutterstock.