Categories

Internet

Microsoft Edge Kini Dilengkapi Fitur Kids Mode

Sangat relevan terutama di era pandemi seperti sekarang

Glenn Kaonang - 19 April 2021

Di era serba digital ini, internet sudah ibarat sumber pengetahuan yang sangat luas. Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi anak-anak, sebab mereka bisa belajar banyak hal secara jauh lebih mudah ketimbang di zaman internet belum eksis.

Namun di saat yang sama, kita juga tidak boleh lupa bahwa konten online yang kurang cocok buat anak-anak pun juga melimpah. Sebagai orang tua, tugas utama kita tentu adalah menjauhkan mereka dari konten-konten yang kurang sesuai itu. Itulah mengapa ada yang namanya Kids Mode di banyak perangkat, aplikasi maupun layanan.

Sebagai jendela utama menuju jagat internet, browser mungkin adalah aplikasi yang paling membutuhkan Kids Mode. Ironisnya, browser yang dilengkapi fitur Kids Mode terintegrasi tidak banyak jumlahnya, atau malah nyaris tidak ada. Di sinilah Microsoft melihat sebuah peluang, dan mereka pun akhirnya merilis Kids Mode untuk browser Microsoft Edge.

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu mengklik foto profilnya, lalu memilih opsi “Browse in Kids Mode”. Dari situ ada dua opsi rentang usia yang dapat dipilih: 5-8 tahun, atau 9-12 tahun. Pilih salah satu, maka perangkat dan browser siap dioper ke anak-anak.

Selama Kids Mode aktif, akses ke situs akan terbatasi secara otomatis. Secara default, ada sekitar 70 situs anak-anak populer yang dapat diakses, akan tetapi orang tua juga dapat menambahkan secara manual situs-situs tambahan yang bagus buat anak-anak yang tidak termasuk dalam daftar.

Seandainya sang anak membuka situs di luar daftar, mereka akan disambut oleh laman khusus yang menginformasikan bahwa mereka bisa meminta bantuan orang tuanya apabila ingin mengakses situs tersebut. Untuk keluar dari Kids Mode, kita harus mencantumkan kode otentikasi terlebih dulu, sehingga anak-anak tidak akan semudah itu mengembalikan browser ke mode normal.

Juga ikut dibatasi secara otomatis oleh Kids Mode adalah hasil pencarian jika menggunakan search engine Bing. Khusus untuk anak-anak berusia 9-12 tahun, saat mereka membuka sebuah tab baru, mereka juga akan disambut oleh kumpulan berita-berita terkini yang dikurasi oleh tim MSN Kids.

Tanpa harus terkejut, Kids Mode juga hadir dalam tampilan antarmuka yang lebih menyenangkan ketimbang mode normal. Kustomisasi maupun pilihan theme juga tersedia, sebab kalau menurut Microsoft, menggugah minat anak-anak itu tidak kalah penting dibanding sebatas menjauhkan mereka dari konten dewasa.

Untuk mengakses Kids Mode, Anda hanya perlu versi terbaru Microsoft Edge, baik di sistem operasi Windows maupun macOS.

Sumber: Microsoft.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter