Browser Microsoft Edge Kini Tersedia di macOS

Browser Microsoft Edge Kini Tersedia di macOS

Statusnya masih preview, tapi sudah mendukung fitur-fitur spesifik macOS, semisal akses pengoperasian melalui Touch Bar
Tampilan Microsoft Edge untuk macOS / Microsoft
Tampilan Microsoft Edge untuk macOS / Microsoft

Menjelang akhir tahun lalu, Microsoft membuat kejutan dengan mengumumkan rencana mereka untuk merombak browser Microsoft Edge dengan berdasar pada prinsip open-source. Spesifiknya, browser bawaan Windows 10 itu bakal mengadopsi Chromium, yang tidak lain merupakan fondasi teknologi di balik browser Google Chrome.

Keputusan ini secara tak langsung menunjukkan bahwa Microsoft telah mengakui status Chrome sebagai browser terpopuler. Dengan mengadopsi Chromium, berarti semua yang kompatibel dengan Chrome juga bakal berjalan dengan baik di Edge, dan kompatiblitas selama ini memang selalu menjadi momok untuk browser bikinan Microsoft pasca kelahiran Firefox.

Di samping itu, Edge berbasis Chromium ini juga membuka peluangnya untuk eksis di platform lain, dan itu sudah Microsoft buktikan baru-baru ini lewat peluncuran versi preview dari Edge untuk macOS. Menariknya, Microsoft tidak sekadar membuatkan port standar begitu saja, akan tetapi mereka juga banyak menyesuaikan Edge dengan elemen-elemen platform pesaingnya ini.

Microsoft Edge for macOS

Di luar tampilan, yang paling mengejutkan adalah bagaimana Microsoft Edge untuk macOS telah mendukung Touch Bar milik MacBook Pro. Sejalan dengan visi Apple terkait Touch Bar, dukungan ini berarti Edge di macOS bisa memberikan fungsi-fungsi yang kontekstual melalui Touch Bar, semisal menampilkan panel kontrol video maupun deretan tab yang sedang dibuka.

Berhubung ini masih preview, Microsoft berjanji akan terus membenahi Edge untuk macOS sampai siap dirilis dalam status final. Untuk sekarang, versi preview-nya ini sudah bisa dicoba di perangkat dengan versi macOS 10.12 atau yang lebih baru.

Sumber: Microsoft.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…