1. Startup

Microsoft Encarta Dibunuh oleh Wikipedia

MSN Encarta, sebuah ensiklopedia online yang selama ini katanya bersaing langsung dengan wikipedia (disclosure:i've never heard of encarta until now) kabarnya akan segera ditutup oleh pihak Microsoft. Persaingan yang sepertinya berakhir dengan kemenangan telak ini memang sudah lama diprediksikan oleh Jimmy Wales (Founder Wikipedia) yang menyatakan bahwa Microsoft akan tidak hanya kesulitan mengembangkan Encarta yang sangat tertutup dan terproteksi, namun juga akan sulit mencari audiencenya. Microsoft melalui sebuah pengumuman diam-diam akan menutup layanan Encarta Worldwide pada 31 Oktober 2009, dan Encarta Jepang pada 31 Desember 2009.

"Encarta has been a popular product around the world for many years. However, the category of traditional encyclopedias and reference material has changed. People today seek and consume information in considerably different ways than in years past. As part of Microsoft’s goal to deliver the most effective and engaging resources for today’s consumer, it has made the decision to exit the Encarta business."

Good call by Microsoft, memang Wikipedia dalam hal ini lebih dulu menerapkan konsep User-generated content dengan lebih baik dan diluar perkiraan Microsoft ketika meluncurkan Encarta.Tapi setidaknya cerita ini menjadi pelajaran untuk lebih menghargai keterbukaan di Internet, suatu hal yang nampaknya sedang coba diterapkan oleh Microsoft di beberapa produknya.

Sepertinya tim Wikipedia akan mengadakan tumpengan malam ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again