1. DScovery

Microsoft Excel: Sejarah, Pengertian, dan Manfaatnya

Selama beberapa dekade berlalu, Microsoft Excel masih membuktikan eksistensi dan fungsi besarnya dalam bidang pengelola angka

Microsoft Excel merupakan program aplikasi yang dikeluarkan microsoft sebagai lembar kerja spreedsheet untuk sistem operasi microsoft windows dan macOS. Menjadikannya sebagai salah satu program aplikasi pengolah angka paling populer digunakan saat ini.

Jika kamu bekerja dalam hal pengolahan angka mungkin sudah tidak asing lagi dengan perangkat lunak yang satu ini. Namun kamu tau gak sih sejarah yang dilalui Excel hingga berhasil menjadi aplikasi penting bagi kehidupan sekarang?

Berikut DailySocial.id jabarkan untukmu!

Sejarah Microsoft Excel

Microsoft Excel pertama lahir pada tahun 1985 untuk sistem operasi macOS atau Macintosh. Baru menggunakan nama Excel tanpa embel-embel Microsoft di depannya.

Sayang pada awal peluncuran Excel, Microsoft menuai tuntutan dari banyak perusahaan yang memiliki aplikasi dengan nama dan fungsi serupa. Hingga pada akhirnya Microsoft kalah dan sepenuhnya mengubah nama menjadi Microsoft Excel.

Berakhirnya penuntutan Microsoft sejatinya tak mengambil pusing masalah tersebut. Perusahaan itu kemudian justru membeli nama software perusahaan penuntut guna memastikan tidak akan ada masalah serupa di kemudian hari.

Pada tahun 1987, Microsoft meluncurkan Excel untuk sistem operasi Windows yang dinamakan Excel 2.0. Serta berhasil melampaui pesaing beratnya kala itu di aplikasi sejenis yakni Lotus 1-2-3 yang terlambat mengeluarkan versi Windows sehingga masih menggunakan MS-DOS.

Lalu satu tahun kemudian, Excel secara total dapat mengambil alih software spreadsheet yang sangat populer dan handal dipasaran.

Saat kali pertama dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft segera mengubah tampilan antar muka Ms Word dan Ms Powerpoint agar serasi dengan Ms Excel sebagai aplikasi paling disukai ketika itu.

Keberhasilan ini sukses membuat mereka terus berkembang dan mengupdate versi terbaru hingga kini.

Sejak 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang memungkinkan kamu untuk menambahkan fungsionalitas Excel untuk diotomatisasi dalam Excel dan Fungsi Buatan Pengguna (UDF) untuk digunakan dalam lembar kerja di Excel.

Bahkan, Microsoft menambahkan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) untuk bahasa VBA Excel di versi berikutnya, sehingga memudahkan pemrogram untuk membuat program buatan sendiri. Selain itu, Excel dapat merekam semua aktivitas yang dilakukan pengguna ke dalam makro untuk mengotomatiskan banyak tugas.

VBA juga dapat membuat formulir dan kontrol yang terdapat dalam lembar kerja untuk berkomunikasi dengan pengguna. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan ActiveX/COM DLL, tetapi tidak dapat membangunnya. Versi VBA yang lebih baru menambahkan dukungan untuk modul kelas, memungkinkan teknik pemrograman berorientasi objek untuk digunakan di VBA.

Kemampuan otomatisasi yang disediakan oleh VBA membuat Excel menjadi target virus makro. Ini adalah masalah serius di dunia korporat sehingga pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan menghapus virus makro dari file Excel.

Akhirnya, terlambat, Microsoft telah memutuskan untuk menonaktifkan makro sepenuhnya, mengaktifkan makro saat buku kerja diaktifkan, atau mempercayai makro yang dienkripsi dengan sertifikat digital tepercaya.

Sampai versi 11.0 (Microsoft Excel 2003), Microsoft Excel masih menggunakan ekstensi .xls, tetapi mulai dengan versi 12.0 (Microsoft Excel 2007), Microsoft Excel memperkenalkan ekstensi baru yaitu .xlsx. Ini dianggap lebih baik dari ekstensi sebelumnya.

Fungsi Microsoft Excel

Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.
  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.
  • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  • Membuat berbagai macam grafik dan diagram.
  • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.
  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.
  • Melakukan analisa serta riset harga.
  • Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.
  • Melakukan konversi mata uang.
  • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.
  • Dan lain sebagainya.

Manfaat Microsoft Excel

Bidang Akuntansi

Contoh penggunaan program Microsoft Excel dalam akuntansi antara lain menghitung laba/rugi perusahaan, mencari laba suatu periode, dan menghitung gaji karyawan.

Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis digunakan dalam mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

Pengelolaan Data

pemanfaatan Excel dalam mengelola data yaitu mengelola data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuahd ata dan lain sebagainya.

Pembuatan Grafik

Excel dapat digunan untuk membuat grafik, misal grafik perkembangan jumlah penduduk selama beberapa periode, grafik perkembangan jumlah siswa dalam sebuah lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan dan sebagainya.

Operasi Tabel

Jumlah baris yang tersedia dalam Excel mencapa 1.084.576 dengan jumlah kolom 16.384, maka kamu tidak akan merasa sulit apabila haru smenginput data dengan jumlah besar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again