Ada banyak cara menambah keseruan dalam menjepret foto selfie, bisa dengan menambahkan stiker, efek, tulisan hingga mengubah warna. Tapi ada salah satu modifikasi foto yang belakangan jadi tren di banyak kalangan,yaitu saling bertukar wajah atau swap face dengan tokoh idola, teman, keluarga bahkan dengan hewan peliharaan. Snapchat jadi populer juga karena adanya fitur ini. Dan sekarang, Microsoft ikut ambil bagian dengan meluncurkan aplikasi serupa bernama Face Swap yang dilahirkan dari proyek sampingan mereka, Microsoft Garage.

Dari namanya, Face Swap sekilas hanya menawarkan fitur untuk menukar wajah di foto seseorang dengan wajah orang lain atau bahkan hewan peliharaan. Tetapi jauh di bagian terdalam, Microsoft menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk melakukan tugas semacam itu. Nah, inilah yang membedakan Face Swap dengan aplikasi serupa lainnya.

microft face swap

Di aplikasi ini pengguna dapat mengambil wajah dari foto apapun atau menjepret selfie dengan kamera dan menyematkannya ke foto lainnya dengan pengaturan yang berbeda tanpa harus disesuaikan terlebih dahulu. Pengguna cukup memilih atau membidik foto, kemudian menggunakan mesin pencari Bing untuk foto lain guna menjadi bagian tubuhnya. Agar dapat disisipkan dengan sempurna, setingan foto selfie harus sama dengan foto yang hendak ditempeli wajah, di mana proses seperti penyesuaian ketajaman, teksture, warna dan sudut dilakukan oleh aplikasi saat wajah disisipkan ke foto.

Untuk memperoleh perpaduan yang apik, tim di dalam Microsoft Garage mengadopsi teknologi pengenalan wajah yang dikembangkan oleh Microsoft Research dengan pencarian gambar Bing. Yang cukup unik, aplikasi tidak hanya dapat menukar wajah satu foto saja, tapi bisa juga ke banyak foto di group selfie.

Aplikasi Face Swap saat ini sudah tersedia di Google Play Store, namun baru bisa digunakan di kawasan Amerika Serikat, Australia dan Canada.

Application Information Will Show Up Here

 

Sumber berita PhoneArena.