23 February 2015

by Bambang Winarso

Microsoft Godok Seri Lumia 635 dengan Peningkatan RAM 1GB?

Varian Lumia 635 resmi terkuak pada awal April tahun lalu. Smartphone kelas menengah dengan dukungan 4G LTE ini saat pertama kali diluncurkan hanya mengemas RAM berkapasitas 512MB. Kapasitas ini terlihat ringkih, tak sebanding dengan dukungan teknologi 4G LTE yang disematkan.

Untungnya ada harapan hal itu akan berubah, kabar terbaru yang dilansir oleh GSMArena mengindikasikan adanya upaya dari Microsoft untuk melakukan perubahan pada bagian tersebut, dengan menyematkan komponen RAM 1GB ke Lumia 635.

Rencana perubahan tersebut terendus nampang di daftar produk Telenor di Hungaria yang juga menginformasikan rencana penunjukan beberapa operator untuk membantu menjajakan perangkat.

Sayangnya tak banyak informasi yang dapat digali terkait rumor Lumia 635 varian 1GB. Namun sangat mungkin perangkat akan disibak pada 2 Maret mendatang, di gelaran MWC 2015, dimana Microsoft telah mempersiapkan acara khusus untuk mengungkap perangkat dan teknologi terbaru mereka.

Info Menarik:Evercoss Elevate Y Power, Tawarkan Baterai Bertenaga Lampaui Samsung Galaxy S5

Microsoft Lumia 635 merupakan seri senior dari Lumia 630, teknologi 4G LTE menjadi pembeda di antara keduanya. Lumia 635 dibalut layar 4,5 inci kemudian dibekali jeroan berupa prosesor Qualcomm Snapdragon 400, RAM 512MB, grafis Adreno 305, dan memori internal 8GB.

Sejumlah aplikasi penunjang disematkan oleh Microsoft guna menarik minat konsumen, seperti aplikasi pesan WhatsApp dan WeChat. Tak ketinggalan aplikasi khas Nokia yaitu HERE Maps, Nokia Camera untuk yang gemar mengambil foto, dan juga berlangganan gratis Nokia MixRadio disematkan preinstal dalam paket perangkat.

Yang menarik untuk disoroti adalah perihal peningkatan RAM di perangkat ini. Jika dilepas sesuai jadwal dengan perubahan tersebut, kian terlihat bahwa Microsoft ingin berhenti menggunakan RAM 512MB untuk smartphone kelas entry level mereka.

Sebelumnya awal tahun lalu mereka juga melepas dua varian Lumia 532 dan Lumia 435 yang sama-sama dibekali RAM 1GB. Keduanya dapat dikategorikan sebagai perangkat entry-level, terbukti dengan banderol perangkat yang cukup terjangkau mulai Rp 1.099.000 pada awal bulan Maret mendatang.

Sumber berita GSMArena dan gambar header LumiaConversations.