Ketika teknologi ponsel mulai maju dan berbagai ponsel pintar mulai bermunculan, Microsoft mencoba tetap berada dalam persaingan dengan mengembangkan sistem operasi mobile-nya, Windows Phone dalam berbagai versi.

Sayangnya, berbagai langkah yang dilakukan oleh Microsoft tak sepenuhnya membuahkan hasil, Windows Phone tidak mampu menyaingi keberadaan kedua pesaingnya, Android dan iOS. Bahkan, langkah Microsoft untuk mengakuisisi Nokia pun tidak berhasil membuat nama Windows Phone terangkat.

Kini, secara resmi Microsoft mengakhiri segala bentuk dukungan yang dibuat untuk Windows Phone 8.1. Tentunya setelah ini, Anda masih bisa menggunakan Windows Phone seperti biasa. Namun, selanjutnya Anda tidak akan lagi memperoleh pembaruan piranti lunak maupun bantuan teknis secara resmi dari Microsoft.

Daftar layanan dan produk yang dihentikan dukungannya oleh Microsoft
Daftar layanan dan produk yang dihentikan dukungannya oleh Microsoft

Microsoft merilis Windows Phone pada tahun 2010 dan, dalam tiga tahun, Windows Phone telah menjadi sistem operasi mobile terpopuler ketiga di dunia. Namun, platform tersebut tidak dapat bersaing dengan OS milik Apple dan Google, dan pada awal tahun ini, gabungan iOS dan Android menyumbang pangsa pasar gabungan 99,6%. Artinya, Microsoft benar-benar tak mendapatkan tempat di pasar yang ada.

Meski situasinya kini tak menyenangkan, namun Microsoft terus akan menjual sejumlah smartphone murah yang sebagian besar menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile yang terus akan dipertahankan sampai dukungan untuk platform berakhir pada tahun 2018

Sementara itu, meskipun Microsoft bisa dikatakan sudah menyerah dengan Windows Phone, tetapi bukan berarti mereka menyerah dalam persaingan ponsel pintar. Microsoft tampaknya akan sekali lagi mencoba peruntungan mereka melalui produk Surface Phone.

Sumber berita Microsoft.