23 November 2015

by Puja pramudya

Microsoft HoloLens akan Digunakan Volvo untuk Membantu Pelanggan Memilih Mobil Idaman

Simulasi penggunaan mobil dengan pengalaman terbaru menggunakan teknologi HoloLens Microsoft

Microsoft HoloLens terus diperjuangkan Microsoft untuk menjadi pengalaman berkomputer futuristik yang menarik sekaligus berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Dan kali ini, Microsoft mengumumkan kerja sama dengan produsen mobil Volvo untuk bekerja sama mengembangkan implementasi teknologi HoloLens. Menggunakan gadget ini, calon pembeli dapat mengeksplorasi kegunaan, fitur dan keunggulan mobil Volvo sebelum melakukan pembelian.

Sebuah demonstrasi yang direkam dalam video menunjukkan skenario dimana seorang calon pembeli dapat melakukan analisis, memilih konfigurasi mobil dan merasakan kondisinya langsung secara lebih nyata dengan perangkat HoloLens.

Dengan HoloLens, calon pembeli tidak perlu berada di depan layar komputer, tetapi ‘merasakan’ pengalaman tersebut langsung seakan-akan menggunakan mobil yang sebenarnya.

Sebagai contoh, Volvo yang dikenal karena mengedepankan faktor safety, dapat memberikan gambaran keunggulan sistem keamanan airbag pada saat kondisi darurat tanpa calon pembeli harus melakukan simulasi ‘kecelakaan’. Dengan HoloLens, simulasi dapat dilakukan dengan lebih aman namun tetap memberikan gambaran yang cukup nyata bagi pembeli.

Selain untuk eksplorasi fitur mobil, kerjasama ini akan terus berusaha menghasilkan berbagai skenario menarik untuk menggunakan HoloLens. Misalnya, kemudahan para penjual hadir di area umum dan menghadirkan virtual store bagi masyarakat, datang ke mall dan menghadirkan test-drivevirtual serta skenario lain yang dapat didukung teknologi virtual.

Menurut rencana, teknologi ini akan mulai diterapkan Volvo tahun depan. Semoga saja keunggulan gadget canggih ini, yang digadang sebagai komputer masa depan yang memberikan pengalaman berkomputer yang sangat unik, akan terus berkembang dan penggunaanya semakin luas, sehingga kita bisa menikmati pengalaman teknologi yang belum pernah dirasakan selama ini.