Categories

Mobile

Microsoft Ciptakan Aplikasi Keyboard untuk Android dengan Kemampuan Multitasking

Permudah proses berbagi dokumen, kontak, copy-paste dan bahkan menerjemahkan pesan

Glenn Kaonang - 26 February 2016

Pernahkah Anda merasa kesal karena harus berpindah-pindah aplikasi tiap kali ada seorang rekan yang menanyakan kontak seseorang di aplikasi chatting? Untuk menjawabnya, Anda harus keluar dari aplikasi, masuk ke aplikasi kontak, menyalin nomor kontak yang diminta, lalu kembali ke aplikasi chatting untuk membagikannya. Merepotkan.

Kalau Anda menggunakan perangkat Android, Anda cukup beruntung. Pasalnya tim Microsoft Garage baru saja meluncurkan aplikasi keyboard pintar dengan kemampuan multitasking. Namanya Hub Keyboard, dan ia sudah bisa diunduh saat ini juga lewat Google Play secara cuma-cuma.

Ada empat komponen utama yang diusung Hub Keyboard: Clipboard, Documents, Contacts dan Translate. Idenya adalah, Anda bisa membagikan potongan-potongan teks yang sebelumnya pernah disalin, mencari dan membagikan dokumen beserta kontak, sekaligus menerjemahkan potongan teks, semuanya tanpa keluar dari aplikasi awal dan hanya menggunakan keyboard ini.

Saat mengklik icon Clipboard, akan muncul pilihan potongan teks yang pernah Anda copy sebelumnya. Pindah ke icon Documents, Anda bisa mengetik nama file, lalu pilihan dokumen yang relevan yang tersimpan di OneDrive akan muncul. Pilih salah satu, maka link menuju dokumen tersebut bisa langsung dibagikan.

Untuk berbagi kontak, Anda tinggal mengklik icon Contacts, lalu ketik nama kontak yang dimaksud. Terakhir, saat hendak mengirim pesan dalam bahasa lain, Anda bisa memanfaatkan fitur Translate.

Sekadar klarifikasi, Hub Keyboard tidak ada sangkut-pautnya dengan akuisisi SwiftKey belum lama ini. Ini merupakan proyek mandiri yang dikerjakan oleh tim Microsoft Garage, yang bermula dari sebuah eventhackathon.

Ide yang ditawarkan Hub Keyboard sungguh menarik. Namun sayangnya ketika saya coba, aplikasi ini masih belum tersedia buat pengguna tanah air. Kemungkinan karena Microsoft masih melabelinya “Preview”.

Sumber: Microsoft Blog via Digital Trends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter