Categories

Game

Microsoft Jadikan Minecraft Cross-Platform dan Hadirkan Update Grafis 4K

Minecraft akan menjadi satu edisi saja tanpa embel-embel, dan grafisnya bakal didongkrak menjadi 4K HDR

Glenn Kaonang - 13 June 2017

Microsoft baru saja mengumumkan update terbesar Minecraft pada event E3 2017. Pembaruan itu mereka namai Better Together Update, dengan tujuan untuk menyatukan semua versi Minecraft untuk PC, console maupun mobile menjadi satu edisi, tanpa embel-embel “Pocket Edition” dan sebagainya.

Berkat update ini, untuk pertama kalinya para pemain Minecraft bisa saling berinteraksi satu sama lain meski perangkat yang digunakan berbeda. Entah itu lewat PC, Xbox One, Nintendo Switch, perangkat Android dan iOS, maupun VR headset, semua pemain Minecraft bisa berjumpa dan berkolaborasi secara online.

Bersamaan dengan itu, Mojang dan Microsoft juga akan menghadirkan in-game server yang bisa diakses langsung lewat menu awal Minecraft. Awalnya akan ada empat server – Lifeboat, Mineplex, InPVP dan Cubecraft – dan Microsoft memastikan bahwa fitur keamanan beserta parental control tetap bisa disesuaikan menurut kebutuhan.

Aspek cross-platform ini terus berlanjut sampai ke distribusi konten: semua dunia yang Anda buat dan DLC yang Anda miliki – plus yang bakal Anda beli nantinya – bakal tersedia dan bisa diakses di semua perangkat tanpa memerlukan biaya tambahan.

Dalam kesempatan yang sama, Microsoft turut mengumumkan update cuma-cuma yang akan mendongkrak kualitas grafis Minecraft secara drastis. Apalagi kalau bukan grafis 4K HDR, plus penyempurnaan pada efek pencahayaan, bayangan, air dan elemen-elemen visual lainnya.

Mojang dan Microsoft juga telah menyiapkan DLC baru berjudul Super Duper Graphics Pack yang akan semakin memaksimalkan update grafis 4K itu tadi lewat dynamic shadows, cuaca yang juga dinamis, pergerakan pada dedaunan dan rerumputan, tekstur baru dan masih banyak lagi.

Update grafis ini memang tidak akan membuat tampilan Minecraft yang serba kotak-kotak (pixelated) menjadi mulus seperti game AAA zaman sekarang, akan tetapi atmosfer dan penampilan game secara keseluruhan akan terkesan lebih modern dengan pencahayaan yang lebih realistis. Dan tentu saja, semua ini telah Microsoft optimalkan untuk console baru Xbox One X.

Sumber: Minecraft.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter