Categories

Gadget

Microsoft Juga Umumkan Slim Pen 2 dan Ocean Plastic Mouse Ramah Lingkungan

Slim Pen 2 menggunakan haptic untuk meniru perasaan menggunakan pena asli

Lukman Azis - 24 September 2021

Kabarnya Microsoft akan mengumumkan Windows 11 untuk publik pada awal bulan depan, tepatnya tanggal 5 Oktober 2021. Untuk menyambut sistem operasi terbaru tersebut, Microsoft telah memperkuat ekosistem Surface-nya.

Total ada delapan pengumuman, lima diantaranya peluncuran perangkat Surface Laptop Studio, Surface Pro 8, Surface Duo 2, Surface Go 3, dan Surface Pro X. Di sini saya akan membahas Surface Slim Pen 2, Microsoft Ocean Plastic Mouse, dan Surface Adaptive Kit.

Surface Slim Pen 2

Lewat perangkat Surface dan OS Windows 11, Microsoft berupaya mengubah pengalaman komputasi ke level yang baru. Pena digital Surface Slim Pen 2 ini juga punya perannya tersendiri dalam menunjang produktivitas dan kreativitas dengan menyuguhkan pengalaman mencatat atau menggambar yang lebih natural.

Hal itu dapat dicapai berkat chip khusus yang disebut Microsoft G6 dan fungsionalitas haptic yang bekerja di Surface Pro 8 dan Surface Laptop Studio yang menjalankan Windows 11. Meski begitu, stylus ini tetap kompatibel dengan Surface Duo 2, Surface Go 3, Surface Pro X, dan laptop Surface model lama.

Surface Slim Pen 2 dapat menempel secara magnetis untuk mengisi ulang di sisi Surface Laptop Studio dan bisa disimpan ke dalam Surface Pro Signature Keyboard. Ujung penanya didesain ulang dan lebih tajam yang membuatnya lebih responsif dan akurat. Microsoft menjual Surface Slim Pen 2 dengan harga US$129,99 atau sekitar Rp1,8 jutaan.

Microsoft Ocean Plastic Mouse

Mouse anyar besutan Microsoft ini dibuat menggunakan material ramah lingkungan. Bagian cangkangnya menggunakan resin yang 20% dibuat dari plastik daur ulang, sampah yang ditemukan atau terdampar dari lautan dan saluran air yang kemudian diubah menjadi pelet dan kemasannya pun 100% dapat didaur ulang menggunakan bahan kayu dan serat tebu.

Untuk membuat resin yang digunakan dalam cangkang Ocean Plastic Mouse, Microsoft bekerja sama dengan Saudi Basic Industries Corporation (SABIC), yang merupakan anak perusahaan Saudi Aramco. Mouse ini menjanjikan masa pakai baterai hingga 12 bulan hanya dari satu baterai AA yang dapat diganti dan diisi ulang.

Pengguna dapat menyesuaikan tiga tombolnya melalui software Mouse and Keyboard center. Harga Ocean Plastic Mouse dibanderol US$24,99 dengan koneksi Bluetooth Low Energy wireless dan Swift Pair.

Surface Adaptive Kit

Terakhir Microsoft juga mengumumkan Surface Adaptive Kit untuk penyandang disabilitas. Kit ini membuat jajaran laptop dan tablet Surface lebih mudah diakses tanpa mengorbankan bentuk atau fungsi, terdiri dari label keycap, bump, indikator port, dan pembuka perangkat.

Label keycap dan bump memudahkan untuk mengidentifikasi kunci penting dan menemukan port dan kabel. Dukungan pembuka termasuk pull tab dan ring memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk membuka tutup laptop.

Microsoft membuat kit tersebut bekerja sama dengan para penyandang disabilitas untuk memastikan bahwa kit tersebut mencakup spektrum kebutuhan yang luas. Rencananya Surface Adaptive Kit akan tersedia akhir tahun ini dan kompatibel dengan Surface Book 3 dan Surface Laptop Studio, serta Surface Pro 7 dan Surface Laptop 3 dan model yang lebih baru.

Sumber: Microsoft

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter