Bulan lalu Microsoft membuat keputusan tak biasa ketika mengeluarkan patch baru untuk sistem operasi Windows XP yang notabene sudah dihentikan dukungannya. Keputusan itu diambil mempertimbangkan besarnya dampak yang diakibatkan oleh serangan ransomware WannaCry yang sempat menghebohkan, bahkan sampai ke Indonesia.

Tapi tiba-tiba pada hari Selasa (13/6/2017) kemarin, Microsoft kembali membuat keputusan yang tak biasa dengan menggulirkan update yang juga untuk Windows XP. Bahkan Microsoft juga memasukkan Windows Vista ke dalam prioritas, di mana menurut Microsoft ditujukan untuk mengatisipasi meningkatnya serangan siber yang disponspori oleh organisasi pemerintah.

General manager of crisis management di Microsoft, Adrienne Hall dalam blogspot resmi mengatakan, “dalam peninjauan update untuk bulan ini, beberapa serangan yang teridentifikasi merujuk pada serangan siber oleh organisasi pemerintah. Untuk mengantisipasi resiko tersebut, hari ini kami menghadirkan update keamanan tambahan bersama dalam layanan Update Tuesday rutin. Tambalan keamanan ini dirancang untuk semua pelanggan, termasuk yang masih menggunakan Windows versi lawas.”

Tidak disebutkan lebih lanjut seberapa besar peningkatan serangan yang dimaksudkan, namun bagi pengguna Windows XP dan Vista harus mengunduh update tersebut secara manual. Baca tautan ini untuk panduan caranya.

Windows XP pertama kali diluncurkan pada tahun 2001. Microsoft menghentikan dukungannya pada tahun 2014, kendati masih digunakan secara luas, bahkan termasuk oleh organisasi besar seperti United State Navy yang akhirnya harus merogoh kocek sebesar $9 juta untuk memperpanjang dukungan dari Microsoft. Secara statistik, di tahun 2016 Windows XP masih digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna, jutaan di antaranya bahkan berdomisili di Tiongkok.

windows-xp-survived-the-wannacry-fiasco-unexpectedly-well-515890-2

Namun berkenaan dengan serangan ransomware WannaCry beberapa waktu yang lalu, ada data menarik di mana Windows XP justru dianggap lebih kebal terhadap serangan dibandingkan versi lain yang notabene terlindungi lebih awal.

Sumber berita MSRC/MicrosoftWindows dan gambar header YouTube.