Categories

Misc

Microsoft Kembangkan Teknologi untuk Mengenali Mood Seseorang dari Sebuah Foto

Memanfaatkan Emotion API untuk mendeteksi 8 jenis emosi yang berbeda berdasarkan ekspresi wajah

Glenn Kaonang - 12 November 2015

Fitur face detection dimana kamera bisa mengenali bagian mana saja yang merupakan wajah seseorang sudah bukan hal yang baru lagi saat ini. Tapi untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dari wajah-wajah yang sudah dikenali, dibutuhkan teknologi machine learning yang cukup kompleks.

Microsoft adalah salah satu yang tampaknya getol mengembangkan teknologi semacam ini. Sebelumnya, Anda pasti sempat mendengar kabar soal situs How-Old.net, dimana Anda bisa mengunggah foto Anda, kemudian akan ditampilkan usia beserta jenis kelamin dari masing-masing orang yang wajahnya tercantum dalam foto. Kini, tim yang sama kembali dengan proyek yang lebih unik lagi.

Proyek terbarunya mereka namai Emotion Recognition. Sesuai namanya, fungsinya adalah untuk mengenali emosi atau mood seseorang berdasarkan ekspresi wajahnya dalam foto. Semisal orang itu tampak meringis, belum tentu dirinya benar-benar bahagia akan sesuatu, bisa saja ada sedikit rasa kesal meskipun hanya sepersekian persen.

Kemampuan ini didasari oleh Emotion API yang dikembangkan oleh tim bentukan Microsoft bernama Project Oxford. Memanfaatkan algoritma yang tersimpan dalam cloud, Emotion API akan mencoba mendeteksi rasa marah, hina, jijik, takut, gembira, netral, sedih dan terkejut. 8 jenis emosi ini dianggap yang paling universal yang bisa dideteksi dari ekspresi wajah – kalau boleh saya menambahkan, seharusnya ada juga rasa kebingungan.

Tentunya ini tak bisa dijadikan patokan mutlak karena sifatnya masih eksperimental, sama seperti How-Old.net tadi. Buktinya, saat saya mencoba mengetes dengan foto seorang Dewa Budjana yang saya ambil di ajang Java Jazz tahun lalu, Emotion API mendeteksi bahwa sang maestro gitar tersebut sedang benar-benar gembira. Padahal mungkin beberapa orang bakal berpendapat bahwa senyum beliau kelihatan agak dipaksakan – mungkin karena melihat saya sedang menyorotkan kamera ke arahnya.

Terlepas dari itu, proyek ini masih cukup menyenangkan untuk dicoba-coba. Kalau Anda juga tertarik, silakan kunjungi situsnya langsung, lalu unggah foto Anda sendiri. Resolusi minimalnya 36 x 36 pixel dan ukuran file-nya tidak boleh lebih dari 4 megabyte.

Sumber: TheNextWeb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter