Microsoft Lumia 640 dan 640 XL Siap Digunakan Untuk Bekerja Serta Bermain

Masuknya Lumia 435 dan 532 ke Indonesia yang ditargetkan untuk para pemula menandai babak baru perangkat bergerak dengan brand Microsoft. Yakin dengan langkahnya itu, kini mereka membawa Lumia 640 dan 640 XL ke nusantara. Meskipun kita tahu kedua produk tersebut merupakan duet handset ekonomis, tapi tidak berarti kemampuannya pas-pasan.

Dari acara konferensi pers peluncuran Lumia 640 dan 640 XL tanggal 4 Mei 2015, ada dua faktor yang Microsoft coba tekankan dalam handset anyar itu: Bagaimana mereka siap menangani aplikasi-aplikasi hiburan semisal game, dan kapabilitasnya mendukung fungsi produktif khas platform Microsoft. Sang produsen menjanjikan proses komputasi lebih personal tanpa mengeluarkan banyak uang.

 

Meski mengusung nama hampir serupa, serta pendekatan desain yang kurang lebih sama, Lumia 640 dan 640 XL memiliki jeroan dan target khalayak berbeda. Secara garis besar, versi XL mempunyai layar 0,7-inci lebih lebar dari tipe standard. Terdapat fitur favorit konsumen lokal, dual SIM card GSM, di Lumia 640 XL. Namun jika Anda lebih memilih konektivitas cepat, Lumia 640 telah ditopang sambungan 4G LTE.

Info menarik: Microsoft Perkenalkan Lumia 540, Smartphone 5 Inci Dual SIM Seharga 2 Jutaan

Presiden Direktur Microsoft Device Indonesia, William Hamilton-Whyte menuturkan via press release, "Seiring pertumbuhan teknologi mobile dan penetrasi mobilebroadband, kondisi lalu lintas, geografis, serta tuntutan persaingan ekonomi global, mobilitas bukanlah sekedar gaya hidup, tapi menjadi aspek yang tidak terlepaskan dalam kehidupan pribadi dan profesional. Lumia 640 LTE dan Lumia XL Dual SIM menawarkan produktivitas dan hiburan optimal, dengan harga bersahabat."

Sebelum membahas seberapa bersahabatnya mereka, satu hal yang Microsoft sorot adalah dukungan penuh Office 365 di kedua smartphone. Microsoft menegaskan bahwa Office 365 bukan cuma aplikasi. Berbeda dari suite Microsoft Office, ia sejatinya ialah layanan berlangganan berisi software-software familier. Di sana Anda bisa menemukan Microsoft Word, PowerPoint, Excel, Outlook, OneNote, Publisher dan Access.

Semua ini dapat Anda akses langsung dari smartphone Lumia 640 dan Lumia 640 XL tanpa perlu lagi repot-repot menyalakan PC desktop. Saya belum sempat bertanya detail soal level fleksibilitas Office 365 di perangkat bergerak, namun tim Microsoft berjanji tidak akan ada perubahan layout/desain terlepas apakah dokumen dibuka dari device berbeda. Tentu di beberapa software, kita hanya bisa menyunting atau menggunakan template.

Baiklah, kita sudah banyak membahas fungsionalitas kerja, tapi bagaimana dari sisi hiburan? Representasi Microsoft mendemonstrasikan kecakapan Lumia 640 dalam menjalankan Sonic Dash. Via proyektor, frame rate permainan terlihat rendah. Namun ketika saya coba langsung di kedua smartphone, sebenarnya game sangat lancar. Satu keunggulan dari platform tertutup ialah optimalisasi software. Tugas Microsoft kini adalah memperkaya lagi ekosistemnya.

Baik Lumia 640 dan Lumia 640 XL beroperasi di versi terbaru Windows Phone 8.1 Lumia Denim yang diintegrasikan bersama Microsoft Office. Mereka juga dibekali Skype, penyimpanan tambahan cloud OneDrive sebesar 1TB, fasilitas Here Maps, Here Drive+ dan Here Transit gratis di Store.

 

Info menarik: Microsoft Rilis Duo Smartphone Terjangkau, Lumia 640 dan Lumia 640 XL

Mari kita menilik Microsoft Lumia 640 terlebih dulu. Handset menyajikan layar HD IPS 720p 5-inci di 291ppi dengan fitur sunlight readability enhancement, dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Ia memanfaatkan system-on-chip Qualcomm Snapdragon 400 MSM8926 berprosesor quad-core 1,2GHz, RAM 1GB, flash memory 8GB (bisa diekspansi microSD), baterai removable 2.500mAh dan kamera belakang f/2.2 8-Mp beserta kamera sekunder 1-Mp.

Lumia 640 XL sendiri menyuguhkan display 5,7-inci IPS walaupun resolusinya sama di 1280x720 dengan kepadatan 259ppi (termasuk proteksi Gorilla Glass 3). Smartphone ditenagai SoC Snapdragon 400 MSM8226, berprosesor quad-core 1,2GHz, dibantu RAM 1GB, penyimpanan internal 8GB, baterai 3.000mAh, beserta kamera utama Zeiss 13-Mp dipadu flash LED dan app Lumia Camera, serta kamera depan 5-Mp wideangle.

Kedua produk mempunyai konektivitas Bluetooth 4.0, microUSB 2.0, screen cloning Miracast, hingga GPS. NFC hanya hadir di Lumia 640 saja.

Microsoft Lumia 640 XL resmi tiba di Indonesia terhitung mulai tanggal 4 Mei 2015, memperoleh penawaran khusus dari Simpati dan Kartu Halo. Ia dijajakan seharga Rp 3 juta. Kemudian Lumia 640 LTE baru akan tersedia tanggal 8 Mei 2015 nanti seharga Rp 2,6 juta. Jika membelinya di periode 8 Mei sampai 22 Mei 2015, Anda berhak mendapatkan harga khusus, mencapai Rp 1,85 juta.

Mereka semua telah dibundel bersama servis Microsof Office 365 selama satu tahun, bisa diakses dari perangkat Windows, iOS serta Android.