Dalam beberapa tahun terakhir, tim Microsoft Garage rajin meluncurkan aplikasi-aplikasi unik dan kreatif untuk berbagai platform; mulai dari launcher Android sampai aplikasi pengenal jenis anjing dan alarm unik yang membangunkan penggunanya lewat mini game. Yang terbaru, mereka merancang aplikasi bernama Color Binoculars untuk pengguna buta warna.

Color Binoculars sejatinya berfungsi untuk membantu pengguna buta warna membedakan kombinasi warna yang sebelumnya menyulitkan mereka. Contohnya, kalau seseorang kesulitan membedakan warna merah dan hijau, maka aplikasi akan mengubah warna merah menjadi pink pada objek di hadapan kamera supaya lebih mudah dibedakan.

Pengguna sama sekali tidak perlu mengambil gambar atau video. Mereka hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke objek selagi aplikasi Color Binoculars terbuka, lalu mengaktifkan filter yang diinginkan. Filter untuk kombinasi warna lain, seperti biru dan kuning, juga tersedia.

Tampilan aplikasi Color Binoculars sangatlah simpel / Microsoft
Tampilan aplikasi Color Binoculars sangatlah simpel / App Store

Salah satu pengembangnya, Tom Overton, mengaku mengambil inspirasi dari lensa kacamata khusus untuk kaum buta warna yang umumnya berharga mahal. Sebagai seseorang yang buta warna, ia menilai aplikasi ini sekadar proyek pribadi, tapi ternyata tim Microsoft Garage menilai ada cukup banyak konsumen yang juga bisa mengambil manfaat dari aplikasi ini.

Bagi yang ingin mencobanya, Color Binoculars saat ini sudah tersedia untuk iPhone secara cuma-cuma.

Sumber: Microsoft Blog.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.