Categories

Internet

Microsoft Luncurkan OneNote Class Notebooks, Pesaing Google Classroom

Bambang Winarso - 8 October 2014

Teknologi dan internet tak hanya mengubah wajah dunia perangkat mobile dan hiburan tetapi juga menawarkan revolusi total di dunia pendidikan.

Google Classroom contohnya, platform ini menawarkan cara baru bagi guru dalam menghantarkan ilmu pengetahuan. Tak mau kalah, kemarin waktu setempat, Microsoft juga meluncurkanplatform edukasi yang dinamai OneNote Class Notebooks.

Peranan teknologi bagi perkembangan dunia pendidikan sudah tampak sejak pertama kali komputer diperkenalkan. Perlahan namun pasti perangkat teknologi dan piranti lunak mulai memegang peranan penting dalam proses transfer ilmu pengetahun melalui cara mengajar yang baru.

Melalui OneNote Class Notebooks, Microsoft menawarkan sebuah platform yang dapat digunakan oleh para guru di seluruh dunia. Di layanan ini nantinya mereka dapat melakukan integrasi dan sinkronisasi secara online menggunakan Office 365 dan SharePoint Online. Tugas, pekerjaan rumah, ujian dan kuis dikerjakan menggunakan notebook dan guru dapat dengan mudah melakukan pemeriksaan secara real timeonline.

 

 

Info Menarik: 5 Aplikasi Keyboard Pilihan Untuk iOS 8

 

 

Para murid juga diberikan kemudahan akses ke dokumen atau referensi yang diunggah oleh guru mereka melalui platform yang sama. Dengan dukungan yang super lengkap, murid dapat mengunggah tidak hanya dokumen tetapi juga tulisan tangan, gambar dan olahan data yang disertai tabel.

Platform ini cocok dikombinasikan dengan metode belajar mengajar apapun baik secara langsung dalam ruangan atau yang bersifat interaktif. Dalam kondisi tertentu guru atau dosen dapat memberikan tanggapan tanpa harus hadir di kelas dan juga tanpa terbatas waktu sehingga proses belajar mengajar akan jauh lebih efisien.

Selain membutuhkan integrasi akun Office 365 dan SharePoint Online, pengguna yang pastinya berprofesi sebagai guru membutuhkan satu lagi aplikasi bernama OneNote Class Notebook Creator yang dapat diunduh dari Windows Store.

Aplikasi ini berfungsi untuk membuat ruang virtual dimana terdiri atas tiga bagian:

  • Student notebooks, area pribadi yang memuat semua data antara guru dan satu orang murid. Guru dapat mengakses bagian ini, sebaliknya murid tidak bisa mengakses semua informasi di dalamnya.
  • Content library, area dimana guru dapat mengunggah materi pelajaran untuk semua siwanya
  • Collaboration space, ruang yang disiapkan khusus bagi semua orang yang ingin berkolaborasi atau mendiskusikan pelajaran

Aplikasi ini dapat diunduh secara cuma-cuma. Untuk informasi lebih lanjut terkait OneNote, Anda dapat mengunjungi web resmi OneNote.com.

Sumber berita TheNextWeb.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter