Categories

Mobile

Microsoft Luncurkan Skype Qik, Aplikasi Pesan Video Berdurasi 42 Detik

Bambang Winarso - 15 October 2014

Berkeinginan memperkuat posisi di sektor mobile, Microsoft kembali berinovasi dengan meluncurkan sebuah aplikasi baru yang dinamai Skype Qik. Aplikasi yang mengadopsi nama aplikasi Microsoft lainnya, Skype menawarkan fitur utama berupa pesan video dengan durasi hingga 42 detik.

Keseriusan Microsoft untuk merangkul lebih banyak pengguna platform mobile ditunjukkan dengan kesiapan mereka menghadirkan Skype Qik di semua platform. Buktinya, di peluncuran hari pertama Skype Qik langsung dapat digunakan oleh pengguna Windows Phone, Android dan iOS.

Sebagaimana sudah disinggung di paragraf awal, Skype Qik adalah aplikasi pesan video yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan video baik dari kamera depan atau belakang dengan durasi 42 detik.

Berbeda dengan aplikasi pesan video lain, Skype Qik memberikan keleluasan kepada pengirim untuk menghapus pesan kendati pesan video yang dikirim belum dibaca oleh penerima. Pilihan lainnya dengan membiarkan saja pesan yang sudah dikirim, dalam dua minggu sistem akan menghapus pesan tersebut secara otomatis.

Hal menarik lain yang ditawarkan Skype Qik adalah kemudahan mengakses aplikasi tanpa harus masuk ke dalam akun. Artinya tidak membutuhkan username dan kata sandi.

Video yang direkam menggunakan Skype Qik akan langsung dikirimkan ke kontak yang dipilih. Jika penerima sudah memasang Skype Qik di smartphone mereka maka video dapat langsung diputar. Jika belum, pengguna akan menerima pemberitahuan via SMS yang memuat tautan untuk mengunduh aplikasi.

 

 

Info Menarik: RightHere Messenger Tawarkan Layanan Pesan Instan Untuk Komunitas

 

 

Konsep pesan video diterapkan secara total oleh Microsoft, jadi tidak ada fitur teks, namun pengguna diberikan tambahan fitur blokir untuk menolak pesan video dari kontak tertentu. Skype Qik juga memberikan keleluasan kepada pengguna untuk menukar kamera antara kamera depan dan belakang saat merekam video serta fitur grup chat yang hanya berisikan kontak-kontak pilihan.

Aplikasi juga menawarkan sebuah fitur unik bernama Qik Fliks yang dapat digunakan untuk memberikan respon atas video yang dikirim oleh teman, baik pesan private ataupun pesan grup.

Berbeda dengan fitur utama Skype Qik, fitur ini hanya berdurasi 5 detik. Namun fitur Qik Fliks hanya tersedia untuk versi Android dan iPhone, untuk sementara pengguna Windows Phone belum dapat menggunakan fitur ini.

Dibandingkan SnapChat, Instagram atau Vine, Skype Qik menekankan pada kemudahan dan kesederhanaan. Pengguna disajikan tatap muka dan fungsionalitas yang tidak membutuhkan banyak perlakukan dan tombol.

Konsep ini bukan hal baru, namun sentuhan lain yang diterapkan oleh Microsoft tampaknya berhasil mengemas aplikasi pesan video yang unik dan menarik. Bagaimana, setuju dengan anggapan itu?

Jika setuju dan merasa penasaran dengan Skype Qik, Anda bisa mengunduh aplikasi ini dari Google Play, App Store dan Windows Phone Store.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header Skype.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter