Categories

Business

Microsoft 'Memata-matai' Pengguna Windows 10 Technical Preview

Oki Rosgani - 6 October 2014

Baru-baru ini, Microsoft telah mengumumkan bahwa pihaknya telah memiliki rencana untuk merilis sistem operasi terbaru miliknya yakni Windows 10, setelah sebelumnya penggunaan nama Windows 9 tidak jadi digunakan.

Sistem operasi terbaru ini akan dirilis pada pertengahan tahun 2015 mendatang dan bagi para pengguna yang ingin mencoba sistem operasi Windows 10 tersebut, Microsoft telah menyediakan versi technical preview yang telah bisa diunduh melalui halaman resmi Microsoft Windows 10 Preview.

Namun patut diperhatikan jika Anda lebih mengutamakan privasi ketimbang mendapatkan pengalaman baru menggunakan Windows 10 edisi Technical Preview, karena pihak Microsoft menyebutkan bahwa mereka akan mengumpulkan data dan membaca apa yang kita lakukan dengan komputer kita.

Situs Thehackernews menyebutkan bahwa dengan adanya informasi yang dikumpulkan ini mengindikasikan Microsoft menggunakan aplikasi Keylogger. Informasi dari pengguna yang dikumpulkan antara lain akses file, alamat e-mail dan semua kegiatan yang dilakukan melalui sistem operasi Windows 10 edisi Technical Preview tersebut.

 

Info menarik: Mari Jajal Technical Preview Microsoft Windows 10

 

Masih dari situs tersebut disebutkan bahwa jika Anda membaca dokumen “Terms of Service” and “Privacy Policy” maka akan menemukan beberapa penjelasan tentang apa yang dilakukan Microsoft untuk mendapatkan feedback penggunaan dari versi Windows 10 yang belum dirilis secara umum ini.

"When you acquire, install and use the Program, Microsoft collects information about you, your devices, applications and networks, and your use of those devices, applications and networks."

"Examples of data we collect include your name, email address, preferences and interests; browsing, search and file history; phone call and SMS data; device configuration and sensor data; and application usage."

Namun berdasarkan informasi yang kami kutip dari situs TheHackerNews, fitur Keylogger itu hanya diterapkan pada Windows 10 edisi Technical Preview dan program tersebut akan dihentikan ketika platform Windows 10 versi Final telah resmi dirilis ke publik (RTM).

Berbagai informasi yang dikumpulkan dalam penggunaan versi technical preview ini memang akan digunakan sebagai data dalam memperbaiki Windows 10 agar lebih stabil dan baik ketika dirilis ke publik. Dengan mencoba versi Technical Preview Windows 10 Anda memang bisa menikmati sistem operasi yang belum dirilis secara umum, tetapi sebagai timbal baliknya, Anda juga harus siap dengan beberapa kebijakan atas data penggunaan.

Setelah mengetahui hal ini, apakah Anda akan tetap menggunakan sistem operasi Windows 10 Technical Preview atau menunggu hingga Windows 10 versi Final dirilis? Jika Anda ragu tentunya Anda bisa membaca “Terms of Service” and “Privacy Policy” dulu sebelum menggunakan

Sumber: Softpedia dan TheHackerNews.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter