1. Lifestyle

Inikah Judul Game ID@Xbox Perdana dari Microsoft?

Diumumkan sebelum Xbox One meluncur di pasar, ID@Xbox adalah sebuah platform garapan Microsoft untuk menjadi payung bagi developer dalam mengembangkan permainan independen mereka - di console Xbox, tentu saja. Dan akhirnya secara tak resmi Microsoft mengumumkan dua buah game ID@Xbox, salah satunya sudah dirilis untuk Windows Phone.

Berita ini didapatkan dari tweet sang bos Microsoft Studios, Phil Spencer. Seorang user Twitter mencoba memberi masukan bahwa Microsoft membutuhkan lebih banyak proyek Kickstarter. Ia juga bertanya apakah dengan ID@Xbox maka judul-judul indie akan bertambah, seperti yang pernah dilakukan Nintendo untuk Wii U mereka.

Phil percaya diri bahwa ID@Xbox akan menghadirkan banyak judul independen. Ia mengaku telah memainkan dua buah permainan pertama platform game independen milik Microsoft. Satu permainan adalah game yang pernah hadir di Windows Phone berjudul Ninjutsu, dan satu lagi ialah permainan baru dari franchise Worms. Permainan kedua inilah yang mengambil perhatian banyak orang.

 

Info menarik: [InfoDigi] Pengguna Instagram Indonesia: Suka #latepost dan Selfie

 

Kita hanya bisa berasumsi bahwa permainan Worms baru ini dibuat oleh para veteran dari Team 17, developer asli yang memulai seri game jenaka ini. Ninjutsu sendiri digarap oleh para developer yang juga membuat seri Kefling di Xbox Live Arcade.

ID@Xbox mendapatkan respon yang cukup positif saat diumumkan di Gamescom lalu, ia berhasil mengumpulkan banyak developer yang penasaran untuk menciptakan permainan indie ke platform Xbox One. Konsep ID@Xbox sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan apa yang Valve lakukan pada Steam Greenlight mereka.

Microsoft menjanjikan empat poin penting dalam memasarkan layanan ini. Yang pertama adalah developer yang mendaftarkan diri di dalamnya akan mendapatkan akses ke dua buah developer kit tanpa dipungut biaya, dilengkapi dengan dokumentasi teknis, akses ke forum eksklusif hingga middleware gratis. Microsoft juga tidak memungut biaya apapun saat developer 'mengirimkan' atau meng-update game mereka ke Xbox One.

 

Info menarik: Infectonator: Survivors Bergabung ke Steam Greenlight

 

Semua game-game independen di dalam ID@Xbox dijual dengan metode yang sama, tanpa menganakemaskan yang satu dan menganaktirikan yang lain. Microsoft juga yakin komunitasnya akan menjadi komunitas yang aktif, para developer bisa saling memberikan masukan dan bantuan pada tim developer tetangga.

Yang terakhir adalah Microsoft menjanjikan bahwa semua anggota developer ID@Xbox akan mendapatkan akses penuh pada fitur spesial yang mereka miliki: Kinect, Xbox Achievement, Gamerscore, Challenges, SmartGlass, Xbox Live, dan lain-lain. Microsoft mengklaim semua title ID@Xbox bisa dinikmati dari Xbox One.

Untuk Ninjutsu dan permainan Worms baru yang disebutkan Phil Spencer sebelumnya di atas, merak rencananya akan dirilis di bulan Maret.

Sumber IGN.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again