27 February 2015

by Yoga Wisesa

Microsoft Mengungkap Visi Mereka Akan Masa Depan

Sejak dahulu kala, fantasi manusia akan masa depan sudah melayang jauh. Sewaktu teknologi saat itu belum mampu melakukan apa yang dibayangkan, manusia tumpahkan imajinasi tersebut ke karya fiksi dan seni. Namun bagi perusahaan teknologi seperti Microsoft, visi masa depan merupakan faktor esensial, mendorong mereka untuk terus membuat inovasi.

Pada bulan Oktober 2011, Microsoft mengungkap bayangan mereka tentang device masa depan dan bagaimana perangkat mempengaruhi kehidupan manusia. Dalam tiga tahun ke belakang ini, Microsoft memang sudah banyak melepas beragam produk dan layanan mutakhir, tapi momentumnya jadi kian cepat setelah HoloLens diperkenalkan di ajang pengumuman resmi Windows 10.

HoloLens adalah jawaban microsoft atas mulai populernya pemanfaatan augmented reality. Namun dalam mengusungnya, Microsoft meracik HoloLens sebagai jelmaan mutakhir teknologi hologram. Menariknya, HoloLens hanyalah satu dari banyak cara membawa manusia melangkah mendekati masa depan yang ideal. Belum lama, Microsoft mempublikasi versi baru video Productivity Future Vision, memperlihatkan gambaran seperti apa kehidupan manusia lima sampai sepuluh tahun ke depan.

Saksikan di bawah.

Info menarik: Microsoft Siap Tandingi Virtual dan Augmented Reality Dengan HoloLens

Satu faktor yang paling menonjol di sana ialah bagaimana augmented reality menjadi landasannya. AR menyuguhkan level interaktivitas yang sangat tinggi. Ia berguna dalam eksplorasi dan riset, edukasi, publikasi berita dan informasi, pencarian talenta ahli, kesehatan, presentasi dan lain-lain. Microsoft juga menunjukkan bahwa meski pemakaian dan jenis device-nya berbeda, tiap perangkat dan individu dapat saling terhubung serta mempengaruhi satu sama lain.

Dengan teknologi-teknologi masa depan tersebut, kita bisa berkolaborasi lebih optimal, baik langsung maupun terpisah jarak. Lalu perangkat-perangkat canggih akan mendukung aktivitas Anda secara cerdas dan intuitif: menyesuaikan jadwal dan menyiapkan materi melalui gerakan tubuh sederhana. Masukan dan update dari orang lain juga akan lebih mudah sampai. Semuanya lebih pintar, cepat, serta akurat.

Keleluasaan ini pastinya membuka jalan lebar bagi kreativitas. Ide lebih mudah terkumpul, dan proses penyampaian serta realisasi jadi lebih mudah. Bayangkan seandainya suara, gesture, tinta dan tatapan mata bisa disatukan. Tenaga kreatif akan sangat produktif. Dan tentu saja bukan masa depan tanpa mobilitas tinggi: infomasi dapat disajikan di medium apa saja, kemudian kita dapat saling berinteraksi di manapun, kapanpun.

Semua yang Anda simak di atas hanyalah konsep, walau begitu mereka sangat menarik. Dari video tersebut, kira-kira apa teknologi favorit Anda?

Sumber: Microsoft.com.