5 September 2013

by Yoga Wisesa

Microsoft 'Meresmikan' Tanggal Rilis Xbox One

Mungkin ini merupakan berita Microsoft Xbox One terakhir sebelum ia diluncurkan - kecuali jika Microsoft kembali melakukan aksi marketing. Setelah prediksi, asumsi dan tebak-tebakan dari segala pihak, akhirnya produsen console game ini mengumumkan 22 November 2013 sebagai tanggal resmi peluncuran Xbox One di 13 negara.

Sebelumnya, muncul berita bahwa Microsoft juga telah memberikan sebuah upgrade - atau sedikit dongkrakan performa CPU - pada console ini. Dari berita yang ditulis IGN, dalam acara Citi Global Technology Conference, sang Chief Marketing Officer Xbox Yusuf Mehdi mengumumkan bahwa chip CPU octa-core yang memiliki kecepatan 1,6GHz diganti oleh generasi yang lebih baru dengan 1,75GHz.

Itu artinya ia juga mempersempit jarak kecepatan dengan milik sang rival Sony - yang rumornya dipersenjatai 'APU' 8-core 2GHz. Pada dasarnya mereka semua menggunakan arsitektur ber-codename Jaguar yang sama buatan AMD. Sebulan sebelumnya, Microsoft telah mengabarkan bahwa mereka telah meningkatkan clock speed Xbox One dari 800MHz ke 852MHz.

Kembali ke seputar info peluncuran Microsoft Xbox One, dan sekedar mengingatkan, 13 negara yang bisa merasakan Xbox One di hari pertama adalah Australia, Austria, Brazil, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Itali, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat.

Kabar ini terkonfirmasi berkat beberapa toko resmi Xbox mem-postingTweet yang menyebutkan bahwa Microsoft akan segera melakukan pengumuman resmi tanggal 4 September kemarin.

Sedikit trivia lucu, delapan tahun yang lalu Xbox 360 diluncurkan di hari yang sama dengan perilisan Xbox One. Jika Anda belum berkesempatan ataupun memiliki dana untuk membeli Xbox One, Microsoft juga menjanjikan bahwa mereka akan tetap mendukung Xbox 360 hingga tiga tahun yang akan datang, dan berencana untuk merilis 100 game lagi hingga layanan Xbox 360 dipensiunkan.