Microsoft cukup rajin menelurkan perangkat pendukung untuk smartphone, tablet dan PC berbasiskan Windows. Bulan lalu, hampir tanpa perayaan Microsoft resmi mengumumkan kehadiran keyboard baru bernama Modern Keyboard with Fingerprint ID. Ini adalah tablet yang menonjolkan fitur sensor sidik jari sesuai namanya, yang dirancang khusus untuk mempermudah akses komputer berbasis Windows 10 melalui Windows Hello. Kini, Modern Keyboard with Fingerprint ID resmi tersedia untuk dipinang di Amerika Serikat dan Tiongkok.

Harga jual Modern Keyboard with Fingerprint ID belum berubah, masih seharga $129.99 per unitnya. Microsoft bahkan menawarkan harga paket pendidikan untuk pembeli yang memenuhi syarat, sehingga harganya menjadi $116.99. Masih cukup mahal untuk ukuran sebuah keyboard, namun mengingat kemampuannya lebih dari keyboard biasa, tampaknya Microsoft cukup yakin produk barunya ini akan memperoleh tempat di hati pengguna.

Berbeda dengan keyboard sejenis, Modern Keyboard mempunyai tombol tambahan khusus masih di area papan ketuk yang bekerja sebagai pemindai sidik jari. Seperti yang terlihat di gambar dan video,tombol sidik jari diletakkan di antara tombol ALT dan MENU. Untuk membuka perangkat, pengguna cukup menempelken ujung jari yang telah didaftarkan sebelumnya.

Microsoft Modern Keyboard / YouTube

Modern Keyboard dapat bekerja dengan dua cara, dengan atau tanpa kabel. Jika ingin lebih praktis tanpa kabel, keyboard dapat terhubung melalui Bluetooth 4.0 atau yang lebih baru, atau jaringan nirkabel 2.4GHz. Untuk menopang operasionalnya, di bagian belakang keyboard tertanam baterai yang bisa diisi ulang dengan daya tahan hingga 4 bulan dalam sekali isi.

Microsoft Modern Keyboard

Dalam hal desain, tombol Modern Keyboard dirancang dengan gaya chiclet yang dipoles warna gelap. Kemudian dibalut bingkai aluminium berwarna lebih terang yang memberikan kesan premium.

Sumber berita Slashgear dan Engadget