11 October 2017

by Bambang Winarso

Microsoft Rombak Total Tampilan OneDrive, Semua Serba Baru

Tampilan baru ini secara bertahap digulirkan untuk platform web, Android dan juga iOS

Aplikasi penyimpanan berbasis cloud, OneDrive bakal mendapatkan penyegaran desain dalam beberapa minggu ke depan. Pembaruan ini mencakup seluruh platform mulai dari web hingga mobile Android dan iOS, demikian isi penguman yang dirilis oleh Microsoft baru-baru ini. Tak hanya memberikan kesan yang lebih rapi, OneDrive versi terbaru juga memudahkan pengguna menemukan apa yang sedang mereka cari, entah itu folder, berkas dokumen, foto atau video.

Sorotan pertama tertuju pada rancangan tatap muka OneDrive yang diklaim dipoles agar secara efisien memanfaatkan ruang di layar perangkat yang digunakan. Tampilan terdepan jauh lebih bersih yang dipermanis dengan kehadiran ikon-ikon baru serta tema yang lebih kohesif untuk perangkat yang berbeda-beda. Mulai sekarang pengguna juga bisa melakukan pratinjau singkat terhadap berkas yang disentuh, sebelum benar-benar dibuka untuk menghindari kesalahan berkas yang dapat memperlambat pekerjaan pengguna.

Khusus untuk berkas baru, Microsoft menerapkan ukuran ikon yang berbeda dengan berkas lawas. Perbedaan terletak pada ukuran thumbnail yang dibuat lebih besar dan memuat informasi yang lebih lengkap. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat dengan cepat menemukan berkas baru baik yang dibagikan atau baru disimpan.

Masih soal kemudahan menemukan berkas, Microsoft juga memperkenalkan mode tampilan berupa daftar yang lebih ringkas. Opsi ini disediakan untuk mereka yang merasa kurang nyaman dengan susunan thumbnail berukuran besar. Seperti di Windows Explorer, pengguna juga bisa mengatur jarak antar kolom sesuai dengan keinginan.

Konsep yang nyaris sama diterapkan ke berkas yang paling sering digunakan (populer) dengan menambahkan ikon trending tepat di sebelah nama berkas. Microsoft juga menjanjikan deretan Recent Documents yang lebih akurat aplikasi OneDrive, Office.com dan aplikasi Office. Memastikan konsistensi dan mudah ditemukan di berbagai platform.

Sumber berita Microsoft.