17 June 2015

by Bambang Winarso

Microsoft Pastikan Cortana untuk Android Beta Akan Dirilis Bulan Juli

Kabar soal ketersediaan asisten virtual Cortana ke platform Android dan iOS sudah dipastikan oleh Microsoft sejak akhir bulan lalu. Itu adalah sebuah lompatan besar yang cukup menggembirakan tapi juga sulit. Microsoft juga tidak menyebut soal tanggal dan bulan, jadi bisa kapan saja.

Untungnya baru-baru ini Microsoft mengungkap kembali rencananya itu, dimana nanti pada bulan Juli versi beta Cortana untuk Android akan dirilis. Belum jelas apakah versi beta ini akan terbuka bagi publik atau hanya dapat diikuti oleh beberapa orang terpilih.

Cortana untuk Android sendiri akan dihadirkan dalam rupa aplikasi mandiri, tapi jangan terlalu banyak berharap karena tidak semua fitur yang ada di Cortana Windows Phone akan disertakan oleh Microsoft. Alasannya karena aplikasi ini tidak diintegrasikan secara mendalam ke Android. Bisa karena Microsoft belum sampai ke sana, atau lebih dikarenakan aturan ketat Google soal akses ke inti Android. (Baca kembali misi Cyanogen menculik Android).

Info Menarik: Microsoft Perkenalkan Controller Xbox One Khusus untuk Gamer Hardcore

Cortana untuk Android hanya akan berfungsi sebagai aplikasi pendamping untuk Windows PC. Namun begitu, aplikasi pendamping ini tetap dapat diandalkan untuk membantu melakukan suatu pekerjaan, misalnya membuat reminder sederhana. Fungsi ini akan sepenuhnya terintegrasi sehingga ketika pengguna terhubung ke perangkat dengan dukungan Cortana tetap akan memperoleh notifikasi reminder yang dibuat sebelumnya.

Di lansiran yang sama Microsoft juga memastikan Cortana akan mendarat ke Xbox One, ia akan diintegrasikan ke PC Windos 10 sejak hari pertama khususnya bagi pengguna di kawasan Amerika dan Inggris.

Kehadiran Cortana di Xbox One tentu sebuah transformasi yang menyenangkan bagi para gamer. Dengannya mereka dapat menemukan judul-judul game terbaru, lawan dan teman baru via Xbox Live.

Sumber berita Blogs/Windows.