Categories

Misc

Google Rombak Gmail, Microsoft Perkaya Outlook dengan Sejumlah Fitur Tandingan

Pembaruan dihadirkan untuk Calendar, Mail dan juga aplikasi mobile

Bambang Winarso - 2 May 2018

Sepekan yang lalu Google meluncurkan rombakan besar untuk layanan email-nya, Gmail yang sebagian besar diperuntukkan bagi pengguna bisnis. Tampak tak mau kehilangan pamor, Microsoft juga ikut meluncurkan fitur tambahan untuk layanan Outlook yang juga merupakan spesialisasi di sektor bisnis.

Di pembaruan ini, Microsoft mencakup tiga platform utama, yaitu kalender, Mail dan mobile. Jadi, pembahasan kita juga akan dibedakan atas tiga hal tersebut.

Update Outlook Calendar

Fitur tambahan yang pertama adalah Bill pay reminders, fitur yang akan membantu pengguna mengingat kapan tagihan baru harus dibayarkan. Outlook akan secara otomatis mengidentifikasi email yang berisikan tagihan, membuat event baru ke kalendar disertai dengan pengingat. Nanti, dua hari sebelum jatuh tempo, Outlook akan mengirimkan email peringatan terkait tagihan bersangkutan.

Berikutnya, Outlook dengan pintar bakal memberikan rekomendasi lokasi dan ruang rapat ketika Anda mengatur jadwal temu baru dengan klien atau teman kantor. Rekomendasi ini diberikan dengan bantuan Bing, dan bahkan platform iOS dapat menggunakan informasi lokasi terkini Anda untuk disesuaikan dengan tempat rapat dan lalu lintas agar Anda sampai tepat pada waktu yang dijadwalkan.

Update di Outlook Mail

Ada tiga fitur baru yang dihadirkan di platform ini, yaitu Show organization directory details, dukungan Proxy dan Bcc Warning. Show organization directory details membantu pengguna memperoleh informasi siapa saja yang ada di dalam perusahaan sehingga memudahkan pengguna mengidentifikasi kontak-kontak penting. Fitur ini tersedia juga di Outlook versi iOS.

Sedangkan Proxy support memberikan akses pengguna proxy untuk memblokir koneksi langsung dari internet ke mobile. Dan terakhir, Bcc warning memberikan peringatan jika email yang Anda balas ternyata menggunakan opsi Bcc.

Update di Outlook Android dan iOS

Untuk platform iOS, Microsoft menambahkan fitur Sync draft folders yang memungkinkan pengguna melanjutkan draf tersimpan yang tidak terkirim di platform seluler atau desktop. Fitur ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Sinkronisasi draft ini sudah tersedia untuk Mac, Windows dan Android dan akan diluncurkan ke pengguna iOS pada akhir bulan ini.

Selanjutnya, pengguna setia Android segara dapat mengakses Lens Office sebagai bagian dari pembaruan anyar Outlook. Lens memungkinkan pengguna memotret teks di papan tulis atau selembar kertas, kemudian mengubahnya menjadi teks seperti hasil pindaian profesional.

Pengguna Outlook berbasis Android juga memperoleh fitur baru quick reply yang membantu pengguna memberikan balasan cepat tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu. Fitur sudah tersedia di iOS dan akan hadir di Android pada bulan Mei ini.

Kemudian di bulan Juni nanti, Android dan iOS juga bakal kedatangan fitur tambahan baru bernama Favorite Contact. Sesuai namanya, panel ini berisikan orang-orang yang paling sering Anda hubungi.

Outlook untuk Android juga mendapat dukungan untuk memblokir konten eksternal dalam email, dan versi iOS akan mencakup dukungan Office 365 Groups pada bulan Juni. Termasuk tambahan fitur keamanan yang memungkinkan perusahaan mengatur akses hanya satu akun di Outlook.  Fitur terakhir ini baru akan hadir bulan Juni mendatang di iOS dan Android.

Sumber berita Microsoft.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter