22 May 2013

by Iqbal Farabi

Microsoft Perkenalkan Xbox One

Microsoft tadi malam akhirnya secara resmi memperkenalkan generasi terbaru perangkat konsol game buatannya, Xbox One. Dalam acara rilis khusus yang digelar di kantor pusatnya di Redmond, Microsoft memperkenalkan Xbox One secara panjang lebar. Berikut rangkuman mengenai acara rilis Xbox One tersebut.

Perangkat Xbox One dipersenjatai dengan spesifikasi teknis yang sangat mumpuni. Bekerjasama dengan AMD, Microsoft membenamkan CPU dan GPU berinti delapan dan memori RAM sebesar 8 GB ke dalam perangkat ini. Selain itu, Xbox One juga memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 500 GB. Untuk konektivitas, Xbox One mendukung cukup banyak jenis konektivitas, mulai dari Wi-Fi tipe 802.11n, USB versi 3.0, hingga kabel HDMI.

Tidak hanya perangkat utama Xbox One saja yang menggunakan teknologi dan spesifikasi baru. Perangkat kontrol Xbox One menggunakan desain baru yang dikatakan memiliki lebih dari 40 inovasi teknologi dan desain, tentunya perangkat kontrol ini didesain lebih ergonomis dibandingkan dengan perangkat pendahulunya. Demikian juga, Xbox One hadir dengan sensor Kinect yang baru. Mengenai sensor Kinect ini akan kami ulas pada artikel yang berbeda.

Dari sisi perangkat lunak, mengikuti tren produk-produk terbaru Microsoft, Xbox One menggunakan tampilan antarmuka bertema Metro yang khas dengan flat design. Salah satu fitur unggulan dari Xbox One adalah fitur snap mode yang memungkinkan Xbox One untuk melakukan mutlitasking dengan menempatkan satu jendela utama dan jendela aplikasi lain di sisi kanan layar. Tidak lupa, perangkat lunak Xbox One kini juga terintegrasi dengan Skype yang bisa dijalankan dengan menggunakan kamera sensor Kinect.

Kabar baik lainnya, dengan Xbox One pengguna tidak harus senantiasa terkoneksi ke internet untuk memainkan game-game di perangkat ini. Meski masih membutuhkan koneksi internet untuk beberapa hal, pengguna masih bisa meneruskan permainan jika koneksi internet perangkat Xbox One miliknya tiba-tiba terputus di tengah permainan.

Tentu tidak lengkap jika mengumumkan perangkat baru tanpa mengumumkan game-game baru yang menemaninya. Untuk Xbox One, Microsoft bekerjasama dengan beberapa mitranya untuk menghadirkan 15 game ekslusif. Pengembang game EA menghadirkan judul-judul seperti Madden NFL 25, NBA Live 14, FIFA 14, dan EA Sports UFC. Sementara Activision menghadirkan game Call of Duty: Ghosts.

Sayangnya Anda masih harus bersabar jika ingin mencoba perangkat ini. Hingga acara rilis tadi malam berakhir, Microsoft belum mengumumkan tanggal maupun harga jual Xbox One.

 

Sumber: The Verge.