7 December 2015

by Yoga Wisesa

Microsoft Presentasikan Fitur Unggulan Lumia 950 Dalam Acara Peluncuran di Indonesia

Dua kemampuan yang sangat Microsoft banggakan di Lumia 950 adalah mode PC dan kapabilitas fotografinya.

Keluarga Lumia umumnya merepresentasikan produk budget sampai mid-range, dan itulah alasan mengapa Lumia 950 terasa spesial. Handset ini didesain sebagai produk flagship, diramu untuk menjadi penerus Lumia 930. Ia merupakan smartphone pertama yang berjalan di Windows 10 Mobile, dipamerkan perdana di awal Oktober, diperingati lewat eventTechDays 2015 di Indonesia.

Kira-kira dua minggu setelah perilisan global di tanggal 20 November 2015, Microsoft resmi membawa handset high-end tersebut ke pasar lokal. Anda mungkin sudah tidak asing dengan fitur-fitur yang produsen benamkan di dalamnya. Dua di antaranya sangat Microsoft banggakan: Anda dapat mengubahnya jadi PC ditambah segala fungsionalitas OS anyar, kemudian Lumia 950 turut mewarisi kapabilitas fotografi sang pendahulu, Lumia 930.

Dari segi penampilannya, Lumia 950 dibuat supaya lebih mewakilkan Lumia di era Microsoft ketimbang saat masih berada di bawah panji Nokia. Ujung smartphone lebih membundar, tubuhnya didominasi bahan polikarbonat, dan Anda dapat membuka cover belakang serta melepas baterai. Ia memiliki dimensi 145x73,2x8,2-milimeter, lebih ramping 1,6mm dari 930, dengan bobot 150-gram. Di ujung bawah, Anda akan menemukan port USB Type-C.

Lumia 950 menyuguhkan layar AMOLED TrueColor 5,2-inci quad HD 1440x2560 berkepadatan 564ppi. Microsoft bilang, display beresolusi tinggi itu bisa membantu Anda 'membuka potensi kehidupan digital' - dibekali sensori arah, sunlight readability enhancements, tingkat kecerahan tinggi, serta profile Lumia Color. Layar mempunyai viewing angle yang luas, gampang dibersihkan, dan diproteksi lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Lumia 950 mengusung slogan 'The phone that works like yourPC', dan Microsoft tidak mau mengecewakan Anda. Melalui Windows 10, Anda dipersilakan mengakses Microsft Office, Windows Store, serta becengkrama dengan Cortana. Untuk masuk ke mode PC, kita hanya perlu menambatkan Microsoft Display Dock. Alat ini berperan sebagai pusat konektivitas, tempat kita menyambungkan periferal dan display tambahan.

Transisi dari mode smartphone ke PC terasa seamless berkat Continuum. Fitur ini memungkinkan Windows 10 menyesuaikan tampilan dengan aktivitas, perangkat dan layar; di mana menu serta taskbar akan beradaptasi agar navigasi tetap mudah. Pengguna diperkenankan mengonfigurasi app Windows ketika Lumia 950 tersambung ke display yang lebih lebar, sewaktu Anda mengoprek dokumen Office, atau saat menjelajahi internet.

Kemampuan multi-fungsi ini memang sangat berguna, tapi dengan begitu, smartphone harus siap menghadapi skenario multitasking. Irwan Hermawan selaku perwakilan Microsoft menjelaskan, seandainya Lumia 950 sedang digunakan buah hati untuk menonton, Anda tidak perlu mem-pause video jika ada panggilan telepon masuk. Anda bisa menjawabnya dan video tersebut sama sekali tidak terhenti.

Dari press release, GM Microsoft Mobile Devices Sales APAC John French menuturkan bahwa Lumia 950 sengaja ditujukan bagi pengguna yang menginginkan smartphone paling produktif baik untuk di kantor, di rumah atau di perjalanan. Lumia 950 juga diklaim sebagai pasangan sempurna Windows 10. Fitur-fitur dan software produktifnya meliputi Calendar, Reminders, Wallet, Company Hub, Microsoft Outlook, Skype for Business, serta integrasi OneDrive bisnis.

Di ranah foto dan video, Microsoft Mobile mengimplementasikan teknologi PureView, dipadu sensor 20-megapixel berukuran 1/24.-inci untuk kamera utama. Janji mereka adalah, Lumia 950 sanggup mengabadikan gambar menakjubkan tanpa perlu repot-repot melakukan setting, meskipun objek foto Anda ialah benda yang lagi bergerak di kecepatan tinggi. Microsoft melengkapi smartphone dengan triple LED 'natural flash', sehingga kamera Lumia 650 bisa menjaga keakuratan warna di kondisi temaram.

Penggemar fotografi mobile juga dijamin akan menyukai Rich Capture. Ia merupakan setting pintar, memperbolehkan kita menentukan tingkat saturasi warna di area gelap atau terang, serta menambahkan atau menghilangkah flash saat foto telah diambil. Dan demi memastikan proses penjepretan berjalan lancar, Microsoft turut membubuhkan optical image stabilization.

Di kamera belakang itu, Microsoft memasangkan lensa Carl Zeiss f/1.9 dengan jarak focal 26-milimeter. Untuk rekam-merekam, Lumia sanggup mendokumentasikan video 4K 3840x2160 di 30fps. Kamera depannya sendiri cukup standard, bersensor 5-Mp dan dapat merekam video 1080p.

Microsoft Lumia 950 ditenagai SoC Qualcomm Snapdragon 808 (prosesor dual-core Cortex-A57 1,82GHz dan quad-core Cortex-A53 1,44GHz, serta GPU Adreno 418). Ia dukung RAM sebesar 3GB, memori internal 32GB, dan terdapat baterai 3.000mAh di dalam.

Smartphone rencananya akan tersedia di nusantara pada tanggal 18 Desember 2015 nanti, ditawarkan di harga Rp 9 juta. Display Dock dijual terpisah, seharga Rp 1,2 juta. Untuk hematnya, Microsoft telah menyiapkan paket bundel berisi Lumia 950, docking, keyboard foldable, mouse dan Office 360, dijajakan seharga Rp 12,4 juta.