2 May 2013

by Iqbal Farabi

Microsoft Rilis Aplikasi Android "Switch to Windows Phone"

Dalam upayanya untuk terus meraih pangsa pasar sistem operasi mobile, Microsoft baru-baru ini merilis aplikasi Android bernama "Switch to Windows Phone". Sebagaimana tercermin dari namanya, aplikasi ini dimaksudkan untuk membujuk pengguna Android untuk beralih ke Windows Phone.

Apa tepatnya yang dilakukan oleh aplikasi tersebut? Jika diaktifkan, aplikasi Switch to Windows Phone akan mendata aplikasi-aplikasi apa saja yang ada di perangkat Android pengguna. Kemudian Switch to Windows Phone akan memberitahukan aplikasi apa saja dari daftar tersebut yang juga ada di sistem operasi Windows Phone.

Seperti dilansir dari Ars Technica, aplikasi ini sayangnya hanya menampilkan jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Phone, tanpa memberi daftar lengkap aplikasi apa saja yang tersedia. Untuk benar-benar bisa melihat daftar aplikasi yang tersedia di Windows Phone, pengguna harus menjalankan aplikasi ini lagi di perangkat Windows Phone sungguhan.

Menurut The Verge, tidak semua aplikasi Android yang disebutkan oleh Switch to Windows Phone benar-benar terdapat di Windows Phone. Sebagian aplikasi yang ditawarkan adalah aplikasi alternatif yang menjalankan fungsi sejenis. Misalnya saja, untuk aplikasi Mint yang belum terdapat di Windows Phone ditawarkan aplikasi alternatif Pageonce. Keduanya merupakan aplikasi yang sama-sama digunakan untuk mengelola keuangan pengguna.

Reaksi pengguna Android terhadap aplikasi ini nampaknya tidak sesuai harapan Microsoft. Dari 574 rating yang masuk saat ini di Google Play Store, 498 orang memberi rating 1 bintang. Secara rata-rata, saat tulisan ini dibuat, Switch to Windows Phone mendapat rating 1,4.

Sayangnya, aplikasi ini sepertinya belum tersedia untuk pengguna di Indonesia. Saya sendiri sudah mencoba dari tiga perangkat berbeda (Sony Xperia Sola, Samsung Galaxy Nexus, dan LG Nexus 4) namun tidak satu pun dari ketiga perangkat tersebut bisa mengunduh aplikasi Switch to Windows Phone.