19 November 2013

by Bambang Winarso

Microsoft Rilis Aplikasi 'Office Remote' Untuk Windows Phone

Di sela-sela hiruk pikuk pemberitaan tentang Android dan iOS, Microsoft Research mencoba menarik perhatian dengan secara resmi merilis sebuah aplikasi bernama Office Remote untuk smartphone Windows Phone.

Tak sulit untuk mengetahui apa kegunaan aplikasi ini, sesuai namanya aplikasi baru Microsoft ini memungkinkan pengguna Windows Phone untuk menggendalikan dokumen Microsoft Office 2013 dan Office 365 di komputer atau laptop Anda melalui smartphone dengan memanfaatkan sambungan Bluetooth. Jenis dokumen yang dapat dikendalikan oleh aplikasi ini meliputi Word, Excel dan PowerPoint.

Dengan aplikasi Office Remote ini pengguna dapat dengan mudah mengendalikan slide PowerPoint, terdapat sebuah tombol akses di smartphone yang memudahkan pengguna untuk memulai presentasi, menampilkan potongan gambar, atau melompat ke slide tertentu dengan mudah.

Untuk dokumen Word, aplikasi ini diklaim kemampuan untuk men-scroll halaman demi halaman dengan kendali jari, begitu juga di dokumen Excel, pengguna dapat melakukan navigasi ke seluruh kolom dan baris yang ada di dokumen. Tak hanya itu, di dokumen ini pengguna bisa menggunakan PivotTables atau fitur filter dan juga mengatur ukuran tampilan layar.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, perangkat pengguna harus menggunakan Windows Phone 8, sedangkan aplikasi yang sudah didukung Office Remote meliputi semua dokumen Office 2013 selain Office 2013 RT. Selain itu, pengguna juga diharuskan meng-instal aplikasi add-in di komputer sebelum bisa melakukan integrasi, jika Anda belum memilikinya silahkan unduh di sini sementara untuk aplikasi Office Remote bisa diunduh di Windows Phone Store.

Meski hanya digulirkan untuk Windows Phone, pengguna Android dan iOS jangan berkecil hati, sebab Microsoft juga sudah merilis aplikasi Remote Desktop bulan lalu, jadi pengguna Android silahkan ke Google Play dan iOS ke App Store untuk mengunduh aplikasi yang juga nyaris serupa dengan Office Remote ini.

Sumber berita TheVerge.