Categories

Gadget

Microsoft Segera Hadirkan Controller Xbox One Khusus PC

Yoga Wisesa - 18 September 2014

Berdasarkan pengakuan banyak orang, controller Xbox 360 mempunyai desain inovatif yang membuatnya sangat nyaman dan fleksibel untuk menikmati berbagai genre permainan. Ketika home console Xbox One akhirnya tersedia, kita tahu bahwa Microsoft akan melanjutkan tradisinya untuk memperluas dukungan gamepad tersebut ke platform PC.

Pada bulan Juni lalu, Microsoft meluncurkan driver resmi controller Xbox One di Windows. Tersedia melalui update atau bisa diunduh secara manual, software ini memungkinkan PC membaca gamepad. Dan untuk Anda yang masih ragu-ragu soal kompatibilitasnya, Microsoft mengumumkan mereka akan merilis controller Xbox One khusus PC.

Perbedaan dari versi Windows ini adalah ia mengandalkan sambungan kabel micro USB sebagai medium pengiriman data dan penyedia tenaga, sesuai nama resminya, 'Xbox One Controller + Cable for Windows'. Bukan hanya bisa disambungkan ke komputer, ia juga dapat berperan layaknya controller home console Xbox One biasa via koneksi wireless.

 

Info menarik: Driver Resmi Xbox One Controller Untuk Windows PC Sudah Tersedia

 

Menariknya, Anda tidak bisa menyambungkan gamepad itu secara wireless ke PC. Kabel harus selalu tersambung saat menikmati game. Kemudian apa bedanya controller Xbox One PC dengan yang sudah Anda miliki sebelumnya, apakah itu berarti kita harus membeli controller serupa untuk fungsi yang sama? Setelah saya pelajari lebih jauh, ternyata tidak ada berbedaan di antara keduanya, termasuk pada penampilan.

Faktanya, apa yang Microsoft sebut-sebut sebagai 'Cable for Windows' sebenarnya ialah kabel micro USB biasa. Bahkan walaupun Microsoft menekankan gamepad ini merupakan controller wired, ia sebenarnya hadir sebagai controller Xbox One standar - hanya saja kemampuan wireless-nya tidak didukung di PC.

Menggunakan Xbox One Controller + Cable for Windows cukup sederhana, sambungkan ia di PC via slot USB, lalu komputer akan membaca dan melakukan update. Selanjutnya, gamepad dapat langsung dipakai. Microsoft menyampaikan mereka telah menciptakan lebih dari 200 prototype hingga mendapatkan model yang Anda bisa lihat sekarang.

 

Info menarik: Alasan Valve Merubah Desain Steam Controller & Menghadirkan Stick Analog

 

Microsoft membekali controller Xbox One dengan 40 inovasi dibanding varian Xbox 360, beberapa contohnya seperti perombakan desain di bagian D-pad agar lebih akurat, thumbstick kini lebih nyaman walau layout tak banyak berubah, dan secara keseluruhan, bagian tubuh gamepad juga lebih ergonomis.

Controller Xbox One untuk Windows PC rencananya tersedia pada bulan November nanti. Ia mendukung sistem operasi Windows 7 ataupun 8. Tapi jika sudah punya, Anda tidak usah menunggu dan membeli versi ini: driver telah tersedia, Anda tinggal menambahkan kabel saja. Gamepad tersebut ditawarkan di harga sama seperti versi standar, yaitu US$ 60, plus kabel micro USB gratis.

Pertanyaan saya, apakah Microsoft juga berniat menyediakan varian wireless seperti pada Xbox 360 Controller for Windows?

Sumber: Xbox.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter