22 June 2018

by Bambang Winarso

Microsoft Sematkan AdBlock Plus di Peramban Edge Beta untuk Android

Fitur ini masih diujikan di pengguna terbatas, digulirkan ke publik bersama fitur pencarian cerdas a la Google Lens

Microsoft pertama kali menggulirkan browserEdge untuk Android pada bulan Oktober tahun lalu. Dan setelah lepas dari fase beta, Edge melesat dan mencatatkan rekor 1 juta unduhan hanya dalam beberapa hari di Play Store. Sejak itu, aplikasi terus mendapatkan pembaruan secara berkala. Sekarang, setelah berjalan beberapa bulan ini, versi beta Microsoft Edge mendapatkan tambahan fitur baru berupa integrasi AdBlock Plus.

Seperti dilaporkan oleh MSPowerUser, versi terbaru Microsoft Edge beta untuk Android memiliki integrasi Adblock Plus yang mempermudah pengguna memblokir iklan. Pengguna dapat mencicipi fitur ini dengan mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu Settings – Block Content. Iklan yang diblokir mencakup iklan di situs web termasuk iklan popup dan juga layanan video seperti YouTube.

Vishnu Nath, Head of Program Management di Microsoft Mobility Experiences mengonfirmasi fitur ini melalui kicauan Twitter. Namun, tampaknya integrasi baru ini belum bisa dicicipi oleh semua pengguna Microsoft Edge. Untuk mengantisipasi peluncuran versi finalnya, Anda sebaiknya melakukan update ke versi terbaru secara berkala.

Selain integrasi AdBlock Plus, Microsoft juga menguji fitur pencarian visual cerdas yang pada dasarnya merupakan teknologi serupa dengan Google Lens yang terintegrasi ke dalam peramban. Fitur ini diaktifkan secara default, jadi tidak diperlukan tindakan lanjutan. Artinya, begitu dirilis dan diupdate, fitur akan secara otomatis aktif. Pembaruan juga membawa beberapa hal penting, seperti peningkatan kinerja dan peningkatan pengalaman membaca buku digital, mengganti jarak teks, bookmark dan lain sebagainya.

Application Information Will Show Up Here