24 August 2018

by Yoga Wisesa

Microsoft Siapkan Controller Xbox One Edisi Terbatas PUBG

Microsoft juga menyingkap perluasan opsi personalisasi bagi konsumen yang ingin menciptakan controller Xbox One custom mereka sendiri melalui Xbox Design Lab.

Dengan varian seperti Sport White Special Edition, Phantom Black Special Edition serta Grey/Blue, gamer Xbox tidak akan kehabisan pilihan controller 'versi terbatas' untuk menikmati permainan di console kesayangan mereka. Keunggulan lain dari gamepad Xbox One adalah, tak seperti DualShock 4 untuk PlayStation 4, aksesori ini siap mendukung penuh PC berbasis Windows.

Dan di tengah-tengah ajang Gamescom Cologne 2018, Microsoft menyingkap agenda spesial yang mereka siapkan untuk merayakan hari peluncuran versi 1.0 dari permainan battle royale populer PlayerUnknown's Battlegrounds. Kreasi PUBG Corp. untuk Xbox One yang pengembangannya diarahkan oleh desainer Brendan Greene itu rencananya akan dirilis pada tanggal 4 September 2018.

Untuk memeriahkan momen itu, Microsoft punya agenda untuk melepas Xbox Wireless Controller PlayerUnknown's Battlegrounds Limited Edition. Gamepad ini mengombinasikan layout khas controller Xbox One dengan sejumlah modifikasi pada aspek kosmetik serta dukungan kustomisasi fungsi tombol. PUBG memang sudah tersedia di console current-gen Microsoft sejak bulan Desember 2017, namun saat ini status versi Xbox One-nya masih belum rampung.

Controller versi PUBG menyuguhkan permukaan berpola digital-camo dengan latar belakang hitam. Berdasarkan gambar-gambar yang dipublikasikan, pola kamuflase tersebut turut diberi efek warna berbeda - saya melihat adanya warna abu-abu dan coklat kelabu. Selanjutnya, desainer mencantumkan directional pad berwarna perunggu yang dibumbui efek baretan.

Di sana Anda juga bisa melihat cincin biru yang mengelilingi stik analog kiri (merepresentasikan zona lingkaran dalam PUBG yang terus mengecil hingga keluar pemenangnya), empat garis crosshair di area thumb stick kanan, coretan X berwarna merah di bawah tombol trigger sebelah kanan, serta logo 'PUBG' di sisi bawah.

Microsoft turut memodifikasi permukaan dari trigger button pada controller. Ketika di versi biasa Anda mendapatkan tombol pelatuk glossy, Xbox Wireless Controller PUBG Limited Edition memiliki trigger rubberized bertekstur anti-slip - sehingga gamepad selalu sigap merespons tarikan jari walaupun tangan mulai berkeringat. Ini merupakan pertama kalinya Microsoft mengimplementasikan tombol rubberized di produk resmi.

Xbox Wireless Controller edisi PUBG akan mulai dipasarkan pada tanggal 30 Oktober 2018. Gerbang pre-order telah dibuka, dan produk ditawarkan seharga US$ 70.

Selain itu, Microsoft juga menyingkap perluasan opsi personalisasi bagi konsumen yang ingin menciptakan controller Xbox One custom mereka sendiri melalui Xbox Design Lab. Di sana, Anda bisa mengutak-atik segala macam aspek dari gamepad; misalnya menambahkan grip bertekstur, mengganti trigger dengan bahan metalik, hingga memilih warna dan pola di tubuhnya.

Via Gamespot.