5 March 2015

by Yoga Wisesa

Microsoft Siapkan Game Khusus HoloLens

Diracik sebagai perangkat keras platform Windows Holographic, HoloLens menyuguhkan teknologi augmented reality buat mengakses dunia maya. Microsoft mendeskripsikan bahwa HoloLens adalah pembuka jalan bagi era komputasi hologram. Tapi sepertinya, panggilan wilayah hiburan memang sangat lantang dan terlalu menggoda untuk diabaikan.

Saat HoloLens disingkap pada event Windows 10 beberapa minggu silam, tak sedikit orang bertanya-tanya, apakah akan ada video game yang diciptakan khusus atau eksklusif untuk HoloLens? Jika melihat pengalaman sebelumnya berdasarkan Kinect, hal itu sangatlah mungkin. Anda tak perlu lagi menebak-nebak, berbicara dalam presentasi The Future of Gaming Across the Microsoft Ecosystem di GDC 2015, bos Xbox Phil Spencer telah mengkonfirmasinya.

Spencer menjelaskan bahwa ke depan, gaming dan hiburan sangatlah esensial. Dan sungguh penting bagi mereka menghadirkan pengalaman-pengalaman radikal baru ke konsumen. Di awal proyek, Microsoft tak mau ambil resiko. Sang bos Xbox mengungkap mereka sudah menunjuk studio first-party-nya sendiri demi menyusun konten, meski Microsoft rencananya juga akan membuka gerbang pengembangan ke developer luar.

"Walaupun akan ada banyak pengguna dan industri-industri yang bisa memanfaatkan Microsoft HoloLens dan segala kecanggihan [medium] komputasi hologram, gaming merupakan kesempatan besar," tutur Will Tuttle di websiteXbox Wire. Game developer dipersilakan bergabung dalam Windows Insider Program untuk mendapatkan API ketika tersedia.

Info menarik: Microsoft Mengungkap Visi Mereka Akan Masa Depan

Dilaporkan Digital Spy, Phil Spencer menerangkan bagaimana sesungguhnya HoloLens ialah perangkat Windows 10 sejati. Dan mereka memastikan memperlakukannya sebagai platform game primer. Menciptakan permainan pendukung sangat penting karena ia membantu menyempurnakan device, memantapkan platform, serta melengkapi layanan. Lalu sewaktu developer memutuskan berpartisipasi, bermacam-macam tool diharapkan sudah siap membantu.

Microsoft juga memberikan update mengenai DirectX 12 - memamerkan Fable Legends yang berjalan di Unreal Engine 4 dengan lompatan performa sebesar 20 persen. Kemudian seluruh aksesori wireless Xbox akan didesain agar dapat digunakan di PC ber-Windows 10, termasuk controller Xbox One melalui tambahan Wireless Adapter - dirilis akhir tahun ini.

Selain kabar soal  game untuk HoloLens, permainan berjudul Gigantic diumumkan di PC dan Xbox One, Elite: Dangerous segera datang ke console Xbox One, dan program ID@Xbox akan hadir di PC.

Via The Verge.