Categories

Misc

Microsoft Teams Versi Gratis Akhirnya Resmi Diluncurkan

Microsoft Teams versi gratis memberlakukan sejumlah batasan, tapi masih lebih fleksibel ketimbang Slack sang rival

Bambang Winarso - 13 July 2018

Microsoft meluncurkan pesaing untuk Slack bernama Teams pada bulan November 2016 silam. Tetapi, di debutnya itu Team tak bisa digunakan sesuka hati oleh semua organisasi karena merupakan layanan berbayar dalam paket berlangganan Office 365, bahkan Microsoft tak memberikan kesempatan trial untuk menjajalnya terlebih dahulu. Pun begitu, laporan terakhir mengatakan bahwa Teams sudah digunakan oleh lebih dari 200 ribu pebisnis dengan skala yang berbeda, tetapi karena berjenis layanan berbayar, ada ribuan bahkan jutaan orang – terutama UKM dan pekerja lepas berpikir dua kali untuk meminangnya. Tapi, rintangan itu dipastikan sudah dihapuskan, Microsoft baru saja mengumumkan ketersediaan versi gratis dari Teams yang bisa diunduh sekarang juga.

Tersedia di seluruh dunia dalam 40 bahasa, Microsoft menargetkan aplikasi Teams versi gratis untuk  bisnis skala kecil dan menengah yang ingin mengakses obrolan, mempermudah rapat, file, dan aplikasi di satu tempat. Namun mengingat labelnya sebagai versi gratis, maka ada beberapa fitur yang ditanggalkan.

Berikut adalah perbandingan antara Teams versi gratis dan premium

perbandingan teams gratis dan premium

Secara default, pengguna Teams versi gratis mendapatkan pesan obrolan tanpa batas, termasuk fitur pencarian, panggilan audio dan video internal untuk individu dan grup, tetapi penyimpanan berkas dibatasi hanya sebesar 10GB. Di dalamnya juga termasuk integrasi dengan aplikasi Office Online (termasuk Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote) dan integrasi aplikasi pihak ketiga, mencakup 140 aplikasi bisnis pilihan.

Batasan lainnya, Microsoft Teams versi gratis hanya boleh menampung tim yang kurang dari 300 peserta. Di atas itu, Anda harus upgrade ke versi premium. Kendati memiliki keterbatasan di beberapa bagian, Teams saya rasa masih lebih menggiurkan ketimbang Slack yang menetapkan lebih banyak batasan, misalnya pencarian yang dibatasi hanya untuk 10 ribu pesan, kapasitas penyimpanan hanya 5GB, video chat hanya untuk 2 orang, tidak ada dukungan akun tamu, dan hanya mendukung 10 integrasi aplikasi pihak ketiga. Slack hanya lebih longgar soal batasan pengguna yang mencapai 10 ribu anggota untuk versi gratis.

Untuk mengunduh Microsoft Teams, silahkan kunjungi situs resminya di tautan ini.

Sumber berita Techcrunch.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id