Misc

Microsoft Uji Fitur Windows 10 untuk Menjalankan Aplikasi Berbeda di dalam Satu Jendela

Seperti tab di browser, hanya saja isinya bukan situs, melainkan aplikasi-aplikasi yang berbeda seperti Word, Edge, PowerPoint dan lainnya

Saya masih ingat betul era awal-awal saya mengenal internet. Kala itu Firefox bahkan belum ada, dan yang menjadi browser andalan adalah Internet Explorer versi 4.0. Kalau mengingat-ingat, saya heran bagaimana caranya saya bisa menerapkan multitasking di masa-masa itu, mengingat fitur tabbed browsing masih belum eksis.

Sekarang, tabbed browsing sudah menjadi suatu keharusan, apalagi dengan kebiasaan kita yang selalu membuka lebih dari satu situs. Dengan adanya tab, berpindah dari satu situs ke yang lain jelas jauh lebih mudah ketimbang ketika satu jendela browser hanya bisa membuka satu situs saja seperti di era pra-Firefox.

Poin yang ingin saya sampaikan adalah, tab mempermudah proses multitasking. Microsoft menyadari akan hal ini, dan mereka memutuskan untuk bereksperimen dengan tab di luar medium browser. Dalam versi preview terbaru Windows 10, Microsoft memperkenalkan fitur yang untuk sementara dinamai Sets.

Sets pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan sejumlah aplikasi Windows ke dalam satu jendela, dengan tab sebagai pemisahnya. Cara kerjanya sama seperti tab di browser, hanya saja isinya bukanlah situs, melainkan aplikasi. Jadi, dalam satu jendela aplikasi, Anda bisa membuka, misalnya, Word, Edge, OneNote dan PowerPoint sekaligus.

Cara menggunakannya terkesan sangat mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi seperti biasa, lalu di bagian paling atas jendela aplikasi, Anda bakal menjumpai icon "+". Klik icon tersebut, maka akan terbuka tab baru.

Dari situ pengguna dapat melakukan pencarian di internet (yang akan membuka browser secara otomatis) atau pencarian file secara lokal (yang akan membuka aplikasi terkait). Di bawah kolom pencarian, ada deretan aplikasi yang paling sering digunakan. Klik salah satu, maka aplikasinya akan langsung terbuka. Semuanya dalam satu jendela.

Di lain waktu, ketika Anda kembali membuka dokumen Word yang tadi dikerjakan, Windows akan merekomendasikan secara otomatis aplikasi-aplikasi lain yang pada saat itu dibuka secara bersamaan, sehingga Anda bisa langsung lanjut mengerjakan proyek tersebut seperti sebelumnya.

Pada awalnya, hanya aplikasi-aplikasi UWP (Universal Windows Platform) seperti Mail, Calendar dan Edge yang kompatibel dengan fitur Sets. Namun ke depannya Microsoft berencana untuk menghadirkan dukungan atas aplikasi lain, termasuk Office. Untuk aplikasi pihak ketiga, mungkin developer yang bersangkutan butuh waktu cukup lama untuk membuat aplikasinya kompatibel.

Fitur ini jelas bakal mengubah cara pengguna mengoperasikan Windows, yang sejatinya masih sama seperti di zaman Windows 95. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab bakal ada opsi untuk mematikan fitur ini jika Anda tidak biasa, atau Anda juga bisa mematikannya untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja.

Sumber: Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter